Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMAKNAAN KARIKATUR FIRLI BAHURI PADA COVER MAJALAH TEMPO (Analisis Semiotik Cover Majalah Tempo Edisi 7-13 Juni “Siapa di Balik Firli” dan Edisi 21-27 Juni “Siasat Gelap Firli”)

ADE WIDOYO, - (2022) PEMAKNAAN KARIKATUR FIRLI BAHURI PADA COVER MAJALAH TEMPO (Analisis Semiotik Cover Majalah Tempo Edisi 7-13 Juni “Siapa di Balik Firli” dan Edisi 21-27 Juni “Siasat Gelap Firli”). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Ade Widoyo Prodi : Ilmu Komunikasi Judul : Pemaknaan Karikatur Firli Bahuri Pada Cover Majalah Tempo (Analisis Semiotik Cover Majalah Tempo Edisi 7-13 Juni “Siapa Di Balik Firli” Dan Edisi 21-27 Juni “Siasat Gelap Firli”) Media massa telah menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi yang telah mencapai era 4.0, tak terkecuali seperti Tempo dengan majalah online maingguannya. Majalah online yang terbit secara berkala ini di tahun 2021 pernah mengangkat isu dari sosok Firli Bahuri. Tempo membuatkan karikatur Firli sebanyak dua edisi pada majalahnya. Dari hal itu, rumusan masalah yang diteliti pada kajian ini, adalah bagaimana pemaknaan karikatur Firli Bahrui pada dua edi-si majalah Tempo yakni edisi ―Siapa di Balik Firli‖ dan ―Siasat Gelap Firli‖. Dengan menggunakan teori ini, peneliti menemukan pemaknaan sosok Firli yang dinilai kurang profesional dan terindikasi melakukan hal-hal negatif untuk kepent-ingannya di dalam lembaga anti-rasuah yang dikepalainya, yaitu Komisi Pember-antasan Korupsi. Pemaknaan cover majalah Tempo ini menemukan Firli digam-barkan sebagai sosok yang berlenggang diatas kedustaan, mendominan, dan bernafsu serta banyak bermanuver untuk tujuan tertentu di atas kepentingan KPK sebagai lembaga yang seharusnya tidak pandang bulu terhadap lawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 12 Jan 2023 08:32
Last Modified: 12 Jan 2023 08:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64956

Actions (login required)

View Item View Item