Diki Wahyudi, - (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbantuan Sparkol Videoscribe Untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP IT Abdurrab Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
bab iv.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
GABUNGAN KCEUALI BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK Diki Wahyudi, (2022) : Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbantuan Sparkol Videoscribe Untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP IT Abdurrab Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran video berbantuan sparkol videoscribe yang valid, praktis dan mampu memfasilitasi pemahaman konsep matematis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi lima langkah, yaitu: analyz (analisis), design (perancangan), development (pengemangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Abdurrab Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah ahli materi pembelajaran dan ahli teknologi pendidikan, serta siswa kelas VIII SMP IT Abdurrab Pekanbaru dan objek penelitian ini adalah media pembelajaran video berbantuan sparkol videoscribe. Teknik pengumpulan data meliputi angket/kuisioner, lembar validasi angket, dan soal tes kemampuan pemahaman konsep. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil validasi oleh tim validator yang terdiri dari 2 ahli materi pembelajaran dan 3 ahli teknologi Pendidikan. Hasil validasi dari validator ahli materi pembelajaran menunjukkan bahwa video pembelajaran yang dihasilkan mendapat kriteria sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 98%, dan penilaian ahli teknologi pendidikan mendapat kriteria sangat valid dengan persentse kevalidan 84%. Kemudian Hasil uji kepraktisan yang diujikan kepada siswa kelas VIII SMP IT Abdurrab yang dikelompokkan menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kecil dengan jumlah responden 8 siswa diperoleh skor 86,9% dengan kategori sangat praktis, dan kelompok terbatas dengan jumlah responden 34 siswa memperoleh skor 85,73% dengan kategori sangat praktis. Selanjutnya dari hasil posttest kelas laki-laki mendapat skor rata-rata 86,38% dengan kriteria tinggi, dan kelas perempuan mendapat skor 90,5% dengan kriteria tinggi. Selanutnya dilakukan uji-t pada hasil posttest kelas laki-laki dan perempuan, dengan hasil t hitung (-1.961) < t tabel (1.746), dengan kesimpulan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas laki-laki dan perempuan. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Video, Sparkol VideoScribe, Pemahaman Konsep
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 12 Jan 2023 08:26 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 08:26 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64953 |
Actions (login required)
View Item |