Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG KUNYIT (Curcuma longa L.) DALAM PAKAN KOMERSIAL TERHADAP KARKAS PUYUH (Coturnix-coturnix japonica)

DEDE MAZLAN, - (2022) PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG KUNYIT (Curcuma longa L.) DALAM PAKAN KOMERSIAL TERHADAP KARKAS PUYUH (Coturnix-coturnix japonica). Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (46MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG KUNYIT (Curcuma longa L.) DALAM PAKAN KOMERSIAL TERHADAP KARKAS PUYUH (Coturnix-coturnix japonica) Dede Mazlan (11781101564) Di bawah bimbingan Sadarman dan Elfawati INTISARI Kunyit merupakan salah satu tanaman herbal yang dimanfaatkan sebagai fitobiotik pada pakan. Kurkuma kunyit dapat memacu pertumbuhan melalui mekanisme peningkatan konsumsi pakan sehingga bobot badan akhir dapat dioptimalkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung kunyit terhadap kualitas karkas puyuh. Pemeliharaan dan pemanenan puyuh pedaging serta pengambilan data penelitian telah dilakukan di Perumahan Asta Gardenia, Jln. Garuda Sakti KM 3 Gg. Duku Blok N No.9, Kelurahan Simpang Baru, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru.Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah rancangan acak lengkap dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Setiap unit perlakuan terdiri dari 5 ekor puyuh. Perlakuan dimaksud adalah P1: Pakan komersial (kontrol), P2: P1 + 1,50% tepung kunyit, P3: P1 + 2% tepung kunyit, P4: P1 + 2,50% tepung kunyit. Parameter yang diukur adalah bobot badan akhir, bobot karkas, dan persentase karkas. Data yang didapatkan diolah menggunakan analisis keragaman menurut rancangan acak lengkap menggunakan aplikasi SPSS versi 26. Uji DMRT 5% digunakan untuk melihat perbedaan antar unit perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan pemberian 1,502,50% tepung kunyit dalam pakan komersial berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap bobot badan akhir, bobot karkas, dan persentase karkas puyuh, dengan bobot badan akhir puyuh sekitar 146-161 g/ekor, bobot karkas sekitar 76,2-88,9 g/ekor, dan persentase karkas sekitar 52,4-55,2%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian tepung kunyit sebanyak 2,50% dalam pakan komersial memberikan hasil terbaik dalam meningkatkan kualitas karkas puyuh. Kata kunci: Bobot badan akhir, karkas, puyuh, tepung kunyit

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 12 Jan 2023 08:24
Last Modified: 12 Jan 2023 08:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64952

Actions (login required)

View Item View Item