Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS STRUKTURAL NOVEL AYAH KARYA ANDREA HIRATA SERTA IMPLEMENTASINYAN PADA PEMBELAJARAN SASTRA KELAS XII MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH

DION ANUGRAH, - (2022) ANALISIS STRUKTURAL NOVEL AYAH KARYA ANDREA HIRATA SERTA IMPLEMENTASINYAN PADA PEMBELAJARAN SASTRA KELAS XII MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)

Abstract

DION ANUGRAH (2022) : ANALISIS STRUKTURAL NOVEL AYAH KARYA ANDREA HIRATA SERTA IMPLEMENTASINYAN PADA PEMBELAJARAN SASTRA KELAS XII MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH Penelitian ini memiliki tiga tujuan untuk mendeskripsikan: (1) Mendeskripsikan struktural novel Ayah Karya Andrea Hirata (2) Mendeskripsikan hubungan antarunsur intrinsik dalam novel Ayah Karya Andrea Hirata (3) Mendeskripsikan implementasi hasil penelitian dalam novel ayah karya Andrea Hirata dalam pembelajaran sastra di MA Muhammadiyah. Jenis penelitian studi kepustakaan (Library Research). Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan pendekatan unsur intrinsik karya Sastra dengan metodologi kualitatif. Metodologi kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kajian studi pustaka dengan hasil pengamatan, pemikiran, Teknik analisis data yaitu mengumpulkan bahan-bahan penelitian, membaca bahan kepustakaan, membuat catatan penelitian, mengolah catatan penelitian, menentukan buku dijadikan objek, menganalisis struktural dan hubungan antar unsur dalam novel, mengimplementasikan, kesimpulan, dan menyajikan. Hubungan antar unsur intrinsik keseluruhan berjumlah 46 data. Diantaranya 21 hubungan tema dengan tokoh dan penokohan, 7 hubungan tema dengan latar, 3 hubungan tema dengan amanat, 11 hubungan tokoh dan penokohan dengan latar, 2 hubungan tokoh dan penokohan dengan alur, dan 2 hubungan penokohan dan sudut pandang. Dalam novel ini yang sering dipakai adalah hubungan tokoh dan penokohan dan jarang yang digunakan hubungan tokoh dan penokohan dengan alur, hubungan penokohan dan sudut pandang. Hasil dalam analisis struktural Novel Ayah dapat diajarkan oleh guru bahasa Indonesia MA kelas XII khususnya dalam pembelajaran novel dengan Standar Kompetensi menganalisis isi dan kebahasaan novel khususnya yaitu dalam hubungan antar unsur intrinsik Kata kunci: Novel, Struktural, Unsur Intrinsik, Hubungan Antarunsur, Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Jan 2023 08:23
Last Modified: 12 Jan 2023 08:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64943

Actions (login required)

View Item View Item