Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISA CRITICAL FACTOR ASPEK ERGONOMI PADA PENGEMBANGAN ALAT PEMBERSIH DEBU SAJADAH MASJID (VACUUM CLEANER) DENGAN MENGGUNAKAN METODE ERGONOMIC FUNCTION DEPLOYMENT (EFD)

KHAIRUNNISA DWIORYE, - (2022) ANALISA CRITICAL FACTOR ASPEK ERGONOMI PADA PENGEMBANGAN ALAT PEMBERSIH DEBU SAJADAH MASJID (VACUUM CLEANER) DENGAN MENGGUNAKAN METODE ERGONOMIC FUNCTION DEPLOYMENT (EFD). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV DAN V.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV DAN V)
BAB IV DAN V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Analisa Critical Factor Aspek Ergonomi pada Pengembangan Alat Pembersih Debu Sajadah Masjid (Vacuum Cleaner) dengan Menggunakan Metode Ergonomic Function Deployment (EFD) Melfa Yola1, Muhammad Ihsan Hamdy2, Khairunnisa Dworye3 1,2,3 Program Studi Teknik Industri , Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Jl. HR Soebrantas Km.18 No. 155 Simpang Baru, Panam, Pekanbaru. 28293 Email : khairunnisa15dwuirye@gmail.com ABSTRAK Proses pembersihan debu dengan menggunakan sapu tidak terlalu bersih sehingga dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yaitu menggunakan vacuum cleaner, penggunaannya yang mudah dan bisa dipakai oleh semua orang menjadikan produk ini diminati banyak orang. Salah satu tempat yang menggunakan vacuum cleaner adalah masjid dan hotel, tempat yang selalu terjaga kebersihannya sehingga orang dapat dengan nyaman untuk menempati tempat tersebut. Namun, adanya keluhan sakit yang terjadi terhadap petugas kebersihan karena dipengaruhi oleh beberapa faktor penyebabnya. Posisi badan yang terlalu membungkuk, produk yang ada tidak sesuai dengan aspek ergonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa critical factor yang ada pada saat proses pembersihan debu yang dilakukan petugas sehingga dapat memperbaiki postur tubuh yang dapat mengurangi cidera terhadap petugas kebersihan. Pengembangan yang dilakukan dengan menggunakan dua metode yaitu metode Fault Tree Analysis (FTA) dan metode Ergonomic Function Deployment (EFD). Penggunaan metode FTA dapat mengetahui apa saja yang mnejadikan potensi bahaya dalam bekerja sehingga dapat dibaca dengan sederhana melalui bagan yang diberikan pada penyajian data, selanjutnya adanya metode EFD merupakan hal yang dilakukan dengan langah awal untuk mengetahui apa keinginan konsumen yang dapat dipenuhi oleh peneliti dengan memperhatikan aspek ergonomi. Dalam penelitian diperoleh untuk memperbaiki postur tubuh, dilakukannya penambahan beberapa item yang ada pada vacuum cleaner yang mempermudah proses pengerjaan. Dan mengembangkan produk sesuai dengan keinginan konsumen salah satunya menggunakan material yang tahan lama dan awet. Kata Kunci : vacuum cleaner, FTA, EFD, critical factor

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 12 Jan 2023 02:30
Last Modified: 12 Jan 2023 02:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64931

Actions (login required)

View Item View Item