NURUL MAWATI, - (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PETA BUTA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PERSEBARAN BUDAYA INDONESIA DI KELAS XI IPS SMA KURNIA JAYA RUPAT. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
NURUL MAWATI (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PETA BUTA TERHADAPHASIL BELAJAR PADA MATERI PERSEBARAN BUDAYA INDONESIA DI KELAS XI IPS SMA KURNIA JAYA RUPAT Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Penggunaan Media Peta Buta Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Persebaran Budaya Indonesia di kelas XI IPS SMA Kurnia Jaya Rupat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode quasi eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 berjumlah 30 orang untuk kelas kontrol dan siswa kelas XI IPS 2 berjumlah 34 orang untuk kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen diberikan metode pembelajaran menggunakan media peta buta, dan pada kelas kontrol diberikan perlakuan metode ceramah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik parametrik dengan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Geografi materi persebaran kebudayaan Indonesia. Hal ini dapat di lihat dari skor rata-rata pre test sebesar 50,12 meningkat menjadi 80,47 pada nilai post test dengan persentase kenaikan 60,65%, sedangkan pada kelas kontrol skor rata-rata pre test sebesar 37,80 meningkat menjadi 44,40 pada nilai post test dengan persentase kenaikan 17,46%. Kata Kunci : Peta Buta, Hasil Belajar, Persebaran Budaya Indonesia
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 04:14 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 04:14 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64914 |
Actions (login required)
View Item |