Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN SISTEM BONUS PADA APLIKASI NEOBANK DALAM PERSPEKTIF FIQIH MUAMALAH (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sultan Syarif Kasim Riau)

ERSA AMELIA, - (2022) PENERAPAN SISTEM BONUS PADA APLIKASI NEOBANK DALAM PERSPEKTIF FIQIH MUAMALAH (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sultan Syarif Kasim Riau). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ERSA AMELIA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ersa Amelia (2022): PENERAPAN SISTEM BONUS PADA APLIKASI NEOBANK DALAM PERSPEKTIF FIQIH MUAMALAH (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sultan Syarif Kasim Riau) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya sistem bonus pada aplikasi Neobank yang merupakan produk inovasi berbentuk bank digital yang di keluarkan oleh PT. Bank Neo Commerce. Bonus tersebut diberikan kepada pengguna aplikasi dengan jumlah yang berbeda-beda sesuai dengan misi apa yang dikerjakan oleh pengguna aplikasi. Dalam Islam, ju’âlah yaitu memberikan sesuatu kepada orang lain yang telah berhasil mengerjakan misi atau pekerjaan tertentu. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana mekanisme sistem bonus pada aplikasi Neobank dan Bagaimana perspektif fiqh muamalah terhadap sistem bonus pada aplikasi Neobank. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme sistem bonus pada aplikasi Neobank dan untuk mengetahui pandangan fiqh muamalah terhadap upah hasil menyelesaikan misi pada aplikasi Neobank. Penelitian ini berbentuk penelitian lapangan yaitu penelitian yang dilakukan di lapangan untuk menyelidiki segala objek yang ada dan terjadi di lokasi tersebut, serta berinteraksi dengan subjek penelitian. Sumber data yang dipakai yaitu data primer, data sekunder dan data tersier. Metode pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan memiliki 10 sampel pengguna aplikasi Neobank. Pembahasan hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif serta teknik penulisan menggunakan metode deskriptif dan deduktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa mekanisme sistem bonus dilakukan dengan mendownload aplikasi Neobank dan mendaftarkan diri menjadi nasabah. Selanjutnya melakukan tugas-tugas tertentu yang terdapat pada aplikasi tersebut. Adapun tinjauan fiqih muamalah terhadap sistem bonus ini, bahwa aplikasi ini terdapat celah gharar masih adanya syarat yang belum terpenuhi pada akad ju’âlah, yaitu pada pemberian cashback pengisian saldo e-money yang belum jelas jumlah bonus yang didapatkan oleh pengguna aplikasi maka hal ini tidak diperbolehkan. Selanjutnya pada sistem Ajak Teman, sistem bonus ini diperbolehkan jika si pengajak benar-benar memahamkan kepada teman yang akan diajaknya mengenai kegunaan dan pemakaian dari aplikasi ini dan bukan semata-mata hanya demi keuntungan saja serta tidak terdapat niat si pengajak untuk menjadikan hal ini sebagai ajang matapencaharian. Karena ju’âlah di dalamnya harus terkandung unsur jerih payah. Kata kunci: Aplikasi Neobank, ju’âlah, bonus

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 11 Jan 2023 01:58
Last Modified: 11 Jan 2023 01:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64910

Actions (login required)

View Item View Item