IMPLEMENTASI METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP) SEBAGAI ALAT BANTU PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMILIHAN REKANAN PROYEK (Studi Kasus : Dinas Kimpraswil Kab. Kampar)

Anita Febriani, (2011) IMPLEMENTASI METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP) SEBAGAI ALAT BANTU PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMILIHAN REKANAN PROYEK (Studi Kasus : Dinas Kimpraswil Kab. Kampar). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011134-.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Proses pemilihan rekanan proyek pada dasarnya merupakan penilaian terhadap serangkaian kriteria yang dijadikan pertimbangan dalam permasalahan pemilihan. Selama ini pemilihan rekanan proyek di dinas kimpraswil mengalami kesulitan dan membutuhkan waktu yang lama karena banyaknya kriteria yang jadi pertimbangan. Oleh karena itu, perlu dibuat sistem yang dapat membantu kadin dalam mengatasi masalah tersebut. Sistem yang dirancang merupakan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dengan menggunakan metode Analytic Network Process (ANP). ANP merupakan metode yang mampu memperbaiki kelemahan dari metode Analytical Hierarchy Process (AHP) berupa kemampuan mengakomodasi keterkaitan antar kriteria atau alternatif. Adapun kriteria dalam menentukan rekanan proyek yaitu keuangan yang terdiri dari dukungan bank dan sisa kemampuan keuangan serta teknis yang terdiri dari pengalaman, personil, peralatan dan mutu. Sistem ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemograman PHP dan MySQL sehingga lebih mudah diakses jika terdapat jaringan lokal atau internet. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, metode Analytic Network Process (ANP) cukup baik dalam melakukan penghitungan dengan memperhatikan pengaruh atau ketergantungan antar kriteria maupun alternatif dan lebih objektif. Kata kunci : ANP, Rekanan Proyek, Sistem Pendukung Keputusan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 12 Jan 2016 09:01
Last Modified: 12 Jan 2016 09:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/649

Actions (login required)

View Item View Item