Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Strategi Public Relations Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Riau Dalam Mengatasi Penyebaran Berita Hoax di Media Sosial

Swarez, - (2022) Strategi Public Relations Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Riau Dalam Mengatasi Penyebaran Berita Hoax di Media Sosial. Skripsi thesis, Universutas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI hasil penelitian BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
file penelitian BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Nama : Swarez Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Strategi Public Relations Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Riau Dalam Mengatasi Penyebaran Berita Hoax di Media Sosial Fenomena mengenai hoax telah menyebar luas di media sosial. Survei Mastel (2019) responden yang menerima hoax selalu mengalami peningkatan secara signifikan dari hari ke hari. Berita hoax yang tersebar di media sosial meliputi berbagai aspek seperti kesehatan, ekonomi, pendidikan, SARA, perjudian, pornografi, bahkan juga kebijakan pemerintahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi public relations Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Riau Dalam Mengatasi Penyebaran Berita Hoax di Media Sosial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis berdasarkan pemikiran yang dihubungkan dengan teori Barda Nawawi Arif untuk mendeskripsikan strategi public relations Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Riau Dalam Mengatasi Penyebaran Berita Hoax di Media Sosial. Hasil penelitian menunjukkan strategi pencegahan penyebaran berita hox di media sosial oleh public relations yaitu a. melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah dengan adanya kelas kominfo dan literas dgital b. dengan melakukan kerja sama dengan berbagai stakeholder seperti dengan bujang dara serta dengan instansi lembaga dan bekerjasama dengan media kanal terverifikasi c. melakukan pengawasan dengan cara pemantauan secara manual yang dilakukan secara terus menerus. Kata Kunci : Strategi, public relation, Diskominfotik, hoax

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 12 Jan 2023 07:40
Last Modified: 12 Jan 2023 07:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64885

Actions (login required)

View Item View Item