Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DESAIN DAN UJI COBA MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 DENGAN PENDEKATAN SCAFFOLDING PADA MATERI LAJU REAKSI

BERLIANA DWI SEPTIANI, - (2022) DESAIN DAN UJI COBA MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 DENGAN PENDEKATAN SCAFFOLDING PADA MATERI LAJU REAKSI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (20MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK Berliana Dwi Septiani, (2022): Desain dan Uji Coba Media Pembelajaran Menggunakan Construct 2 Dengan Pendekatan Scaffolding Pada Materi Laju Reaksi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya inovasi media pembelajaran berbasis teknologi dalam pembelajaran kimia. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendesain dan mengembangkan media pembelajaran menggunakan software Construct 2 pada materi laju reaksi dengan pendekatan scaffolding, (2) untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran berbasis Construct 2 pada materi laju reaksi dengan pendekatan scaffolding, (3) untuk mengetahui praktikalitas media pembelajaran berbasis Construct 2 pada materi laju reaksi dengan pendekatan scaffolding, (4) untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis Construct 2 pada materi laju reaksi dengan pendekatan scaffolding. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan tahap pertama sampai kelima model pengembangan Borg and Gall dengan tahapan (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) uji coba produk awal, dan (5) revisi produk. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 di MAN 1 Pekanbaru kelas XII IPA. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket uji validitas, angket uji praktikalitas, angket respon siswa, serta wawancara. Hasil uji validitas oleh ahli media mendapatkan hasil sebesar 93,33% dan ahli materi sebesar 89,06% dengan kategori keduanya sangat valid. Uji praktikalitas oleh guru mendapatkan hasil sebesar 93,42% dengan kategori sangat praktis dan uji respon siswa memperoleh hasil sebesar 89,70% dengan kategori sangat menarik. Kata kunci : Media Pembelajaran, Construct 2, Pendekatan Scaffolding, Laju Reaksi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 10 Jan 2023 03:24
Last Modified: 10 Jan 2023 03:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64881

Actions (login required)

View Item View Item