Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PERJANJIAN KERJASAMA AGEN DAN PANGKALAN DALAM PENDISTRIBUSIAN DAN PENETAPAN HARGA LIQUEFIED PETROLEUM GAS (LPG) 3 KG PADA PT. H. BUCHARI DI KOTA PEKANBARU

FILTA ZAHERA, - (2022) PELAKSANAAN PERJANJIAN KERJASAMA AGEN DAN PANGKALAN DALAM PENDISTRIBUSIAN DAN PENETAPAN HARGA LIQUEFIED PETROLEUM GAS (LPG) 3 KG PADA PT. H. BUCHARI DI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK FILTA ZAHERA, (2022): Pelaksanaan Perjanjian Kerjasama Agen dan Pangkalan Dalam Pendistribusian dan Penetapan Harga Liquefied Petroleum Gas (LPG) 3 Kg pada PT. H. Buchari di Kota Pekanbaru Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya penjualan gas yang dilakukan oleh pengecer atau warung harian. Padahal sesuai dengan aturan yang berlaku, pihak yang berhak untuk memperjualbelikan atau mendistribusikan LPG 3 Kg secara langsung ke masyarakat atau pengguna rumah tangga dan usaha mikro adalah Pangkalan yang telah memiliki izin pendistribusian. Lalu masih banyaknya Pangkalan yang menjual harga LPG 3 Kg tidak sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi, padahal masing-masing daerah telah menetapkan harga sesuai kondisi wilayah daerahnya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan perjanjian kerjasama Agen dan Pangkalan dalam pendistribusian dan penetapan harga Liquefied Petroleum Gas (LPG) pada PT. H. Buchari di Kota Pekanbaru, apa akibat hukum jika Pangkalan tidak melaksanakan perjanjian kerjasama Agen dan Pangkalan dalam pendistribusian dan penetapan harga Liquefied Petroleum Gas (LPG) 3 Kg pada PT. H. Buchari di Kota Pekanbaru dan apa faktor kendala pelaksanaan perjanjian kerjasama Agen dan Pangkalan dalam pendistribusian dan penetapan harga Liquefied Petroleum Gas (LPG) 3 Kg pada PT. H. Bucharidi Kota Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum sosiologis, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Adapun metode pendekatan penelitian yang digunakan adalah Pendekatan kualitatif. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yaitu mengambil sampel yang dianggal mengetahui sehingga memudahkan peneliti menjelajahi objek, yang mana sampel pada penelitian ini adalah Staf LPG di PT. H. Buchari dan Pangkalan yang melakukan kerjasama dengan PT. H. Buchari di Pekanbaru. Pelaksanaan perjanjian kerjasama Agen dan Pangkalan pada PT. H. Buchari belum berjalan sesuai kesepakatan yang telah disepakati. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya pengecer atau warung harisan yang masih memperjualbelikan LPG 3 Kg secara bebas, yang mana akibat hukum dari pelaksanaan yang tidak sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati ini adalah diberikannya surat peringatan pertama serta skorsing supply LPG 3 Kg selama dua minggu dan pemutusan hubungan usaha serta Pangkalan tersebut tidak diizinkan menyalurkan LPG 3 Kg lagi apabila Pangkalan tidak mengindahkan peringatan yang telah diberikan dan faktor kendala pelaksanaan perjanjian kerjasama Agen dan Pangkalan pada PT. H. Buchari adalah adanya keinginan untung mendapatkan untung yang lebih, adanya penyimpangan dalam kerjasama Agen dan Pangkalan, serta kurangnya partisipasi dari masyarakat. Kata Kunci: Perjanjian, Agen dan Pangkalan, Liquefied Petroleum Gas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 09 Jan 2023 08:33
Last Modified: 09 Jan 2023 08:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64877

Actions (login required)

View Item View Item