Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP PEMBERIAN KREDIT (STUDI KASUS UNIT SIMPAN PINJAM BUMDES TAIBA SMART DESA TARAI BANGUN)

IMAM AULIA ERRUMSYAH, - (2022) ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP PEMBERIAN KREDIT (STUDI KASUS UNIT SIMPAN PINJAM BUMDES TAIBA SMART DESA TARAI BANGUN). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI IMAM AULIA ERRUMSYAH.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP PEMBERIAN KREDIT (STUDI KASUS UNIT SIMPAN PINJAM BUMDES TAIBA SMART DESA TARAI BANGUN) Oleh: IMAM AULIA ERRUMSYAH 11870314233 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengendalian internal terhadap pemberian kredit di Unit Simpan Pinjam BUMDES Taiba Smart Desa Tarai Bangun. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun objek penelitian ini adalah USP BUMDES Taiba Smart. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pengendalian internal USP BUMDES Taiba Smart belum sepenuhnya berjalan dengan efekttif dan efisien. Hal ini karena masih terdapat rangkap jabatan oleh direktur USP yang merangkap juga sebagai kepala unit USP, dan terdapat kekosongan posisi jabatan pengawas dan bagian analisis kredit. Selain itu, terdapat karyawan USP yang bekerja pada posisi yang tidak sesuai bidang keahlian dan latar belakang pendidikannya. Adapun sistem pemberian kredit yang dilakukan USP BUMDES Taiba Smart sudah berjalan dengan baik. Adapun upaya yang dilakukan USP BUMDES Taiba Smart dalam penyelesaian kredit bermasalah terdapat tiga tahap, yaitu: rescheduling berupa himbauan dan penambahan waktu pembayaran. Reconditioning berupa penundaan pembayaran bunga dan tahap eksekusi berupa penyitaan jaminan apabila pemijam tidak mampu membayar kreditnya. Kata Kunci: Sistem Pengendalian Internal, dan Kredit

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 06 Jan 2023 07:46
Last Modified: 06 Jan 2023 07:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64830

Actions (login required)

View Item View Item