Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BANK SAMPAH MUTIARA PROGRAM CSR PEGADAIAN KELURAHAN TUAH KARYA KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU

Fitra Inalfa, Fitra (2022) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BANK SAMPAH MUTIARA PROGRAM CSR PEGADAIAN KELURAHAN TUAH KARYA KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)

Abstract

Pemberdayaan masyarakat adalah konsep pembangunan ekonomi yang merangkum nilai-nilai masyarakat untuk membangun paradigama dalam pembangunan. Bank sampah adalah suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan dari sampah atau atau ketempat pengepul sampah, bank sampah dikelola menggunakan system seperti perbankan yang dilakukan oleh petugas sukarelawan. Salah satu bank sampah yang memiliki peranan penting dalam pengelolaan sampah di Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tampan Pekanbaru adalah Bank Sampah Mutiara Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tampan Pekanbaru. Bank sampah ini menjadi salah satu sarana yang disediakan pemerintah untuk memfasilitasi masyarakat dalam pengelolaan sampah, melalui penyadaran maupun pembentukan perilaku sadar akan pentingnya mengelola sampah dengan baik, menumbuhkan wawasan kemandirian pada masyarakat sehingga diharapkan mampu secara mandiri dan sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan masyarakat melalui bank sampah mutiara program CSR pegadaian Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan masyarakat melalui bank sampah mutiara program CSR pegadaian kelurahan tuah karya kecamatan tampan pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan informan penelitian berjumlah 5 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan masyarakat melalui bank sampah mutiara program CSR pegadaian Kelurahan Tuah Karya Kota Pekanbaru terdiri dari tiga indikator yaitu indikator penyadaran yang berupa melakukan kegiatan sosialisasi dan memberikan motivasi, indikator transformasi yaitu berupa melakukan kegiatan pelatihan dan pembinaan, sedangkan indikator peningkatan kemampuan intelektual dan kecakapan yaitu masyarakat dapat mengetahui dan memilah sampah dan bisa dikatakan mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan masyarakat, Bank Sampah
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 06 Jan 2023 08:41
Last Modified: 06 Jan 2023 08:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64825

Actions (login required)

View Item View Item