Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KUALITAS KARKAS BURUNG PUYUH (Coturnix coturnix japonica) YANG DIBERI PAKAN BERBAHAN AMPAS KELAPA FERMENTASI DENGAN LEVEL YANG BERBEDA

MA’RUF WALADUL AWAL, - (2022) KUALITAS KARKAS BURUNG PUYUH (Coturnix coturnix japonica) YANG DIBERI PAKAN BERBAHAN AMPAS KELAPA FERMENTASI DENGAN LEVEL YANG BERBEDA. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN(BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)

Abstract

MA’RUF WALADUL AWAL(2022) KUALITAS KARKAS BURUNG PUYUH (Coturnix coturnix japonica) YANG DIBERI PAKAN BERBAHAN AMPAS KELAPA FERMENTASI DENGAN LEVEL YANG BERBEDA Ampas kelapa merupakan hasil sampingan limbah industri atau limbah rumah tangga yang sangat potensia untuk digunakan sebagai bahan pakan ternak. Burung puyuh merupakan salah satu jenis ternak unggas yang mempunyai potensi besar untuk dikembangkan sebagai ternak penghasil protein hewani. Ampas kelapa fermentasi (AKF) memiliki kandungan zat gizi yaitu protein (14,85%), lemak kasar (17,69%) dan serat kasar (12,05%). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji kualitas karkas burung puyuh (Coturnix coturnix japonica) yang diberi pakan berbahan ampas kelapa fermentasi dengan level yang berbeda. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode eksperimen dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL), dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan : R0 = Pakan tanpa penambahan ampas kelapa fermentasi. R1 = Pakan penambahan 3% ampas kelapa fermentasi. R2 = Pakan penambahan 6% ampas kelapa fermentasi. R3 = Pakan penambahan 9% ampas kelapa fermentasi. Pada penelitian ini ampas kelapa difermentasi menggunakan ragi tempe. Parameter yang digunakan meliputi: bobot badan akhir, bobot karkas, presentase karkas, dan bobot lemak abdominal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AKF hingga 9% tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap bobot badan akhir, bobot karkas, presentase karkas, dan lemak abdominal burung puyuh. Dapat disimpulkan bahwa pemberian pakan bebahan ampas kelapa fermentasi dalam ransum hingga 9% tidak dapat meningkatkan kualitas karkas burung puyuh umur 35 hari. Kata Kunci: Ampas Kelapa, Fermentasi, Puyuh, Karkas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 06 Jan 2023 07:35
Last Modified: 06 Jan 2023 07:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64819

Actions (login required)

View Item View Item