Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SMART APPS CREATOR (SAC) TERINTEGRASI KEISLAMAN PADA SISWA KELAS IV SDN KOTA PEKANBARU

MUTIARA JAIZ, - (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SMART APPS CREATOR (SAC) TERINTEGRASI KEISLAMAN PADA SISWA KELAS IV SDN KOTA PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
TESIS MUTIARA JAIZ.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mutiara Jaiz, (2022) : Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Smart Apps Creator (SAC) Terintegrasi Keislaman pada Siswa Kelas IV SDN. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas, praktikalitas, serta efektivitas media pembelajaran berbasis Smart Apps Creator (SAC) terintegrasi keislaman pada siswa kelas IV SDN. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini terdiri dari siswa kelas IV di SDN 105 Pekanbaru, SDN 188 Pekanbaru, dan SDN 110 Pekanbaru. Data diperoleh dari instrumen berupa lembar validasi, angket respon guru, angket respon siswa, dan test (pretest dan posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Smart Apps Creator dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata yang diperoleh dari uji validitas adalah pada aspek materi diperoleh sebesar 83% dengan kategori sangat valid, dari aspek bahasa diperoleh sebesar 88% dengan kategori sangat valid, dan dari aspek media diperoleh sebesar 95% dengan kategori sangat valid. Pada aspek praktikalitas dikalangan guru diperoleh sebesar 99% dengan kategori sangat praktis, sedangkan aspek praktikalitas oleh siswa diperoleh sebesar 84% dengan kategori sangat praktis. Pada uji coba perorangan diperoleh sebesar 87% dengan kategori sangat baik, dan pada uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 87% dengan kategori sangat baik. Lebih lanjut, skor N-Gain di SDN 105 Pekanbaru adalah sebesar 0,42 dengan kategori efektif. Skor N-Gain di SDN 188 Pekanbaru adalah sebesar 0,56 dengan kategori efektif. Sedangkan skor N-Gain di SDN 110 Pekanbaru adalah sebesar 0,50 dengan kategori efektif. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Smart Apps Creator (SAC) terintegrasi keislaman pada siswa kelas IV SDN valid, praktis, dan efektif sehingga dapat digunakan pada pembelajaran IPA. Kata Kunci: Media pembelajaran, Smart Apps Creator, terintegrasi keislaman.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 Jan 2023 07:43
Last Modified: 06 Jan 2023 07:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64813

Actions (login required)

View Item View Item