Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS TELEGRAM BOT TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM PADA SISWA KELAS IV SDN DI KOTA PEKANBARU

FADLIA ROHMAH, - (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS TELEGRAM BOT TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM PADA SISWA KELAS IV SDN DI KOTA PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
TESIS FADLIA ROHMAH.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fadlia Rohmah (2022): Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Telegram Bot Terintegrasi Nilai-Nilai Islam pada Siswa Kelas IV SDN Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk media pembelajaran dengan mendeskripsikan proses pengembangan media, (2) mendeskripsikan tingkat kepraktisan media Telegram Bot dan (3) mendeskripsikan efektivitas media pembelajaran IPA berbasis Telegram Bot terintegrasi nilai-nilai Islam pada siswa kelas IV SDN. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen pengumpulan data berupa angket lembar validasi ahli yang terdiri dari ahli materi dan media, lembar uji kepraktisan guru kelas IV Sekolah Dasar Negeri dan tes siswa untuk uji efektivitas. Analisis data menggunakan Skala Likert untuk uji validitas ahli dan uji kepraktisan, serta SPSS 26.00 for windows digunakan untuk uji efektivitas. Bersadarkan uji validitas oleh ahli memperoleh nilai rata-rata aspek materi diperoleh sebesar 82,2% dengan kategori sangat valid dan nilai rata-rata aspek media diperoleh sebesar 91% dengan kategori sangat valid. Hasil uji tingkat kepraktisan oleh guru diperoleh sebesar 93,7% dengan kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas diperoleh skor N-Gain dari 3 sekolah yang di uji yaitu SDN 188 Pekanbaru sebesar 0,64 dengan kategori efektif, skor SDN 066 Pekanbaru sebasar 0,61 dengan kategori efektif dan skor SDN 114 Pekanbaru sebesar 0,63 dengan kategori efektif. Skor N-Gain > 0,3 yang artinya terdapat peningkatan hasil belajar siswa dan media dapat dikategorikan efektif. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran IPA berbasis Telegram Bot terintegrasi nilai-nilai Islam yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif serta dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang bermanfaat. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Telegram Bot, Terintegrasi Nilai-nilai Islam

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 Jan 2023 07:39
Last Modified: 06 Jan 2023 07:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64812

Actions (login required)

View Item View Item