RANCANG BANGUN APLIKASI PENCATATAN JUMLAH PEMAKAIAN LISTRIK PELANGGAN PT. PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PLN) KOTA PEKANBARU BERBASIS J2ME

Alfie Zaky, (2011) RANCANG BANGUN APLIKASI PENCATATAN JUMLAH PEMAKAIAN LISTRIK PELANGGAN PT. PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PLN) KOTA PEKANBARU BERBASIS J2ME. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011131.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang sering muncul adalah pencatatan jumlah pemakaian listrik pelanggan PLN memerlukan banyak proses, yaitu pencatatan manual, pengambilan gambar dan pemindahan data dari kertas ke database. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, dibangun sebuah aplikasi alternatif berbasis J2ME sebagai sarana pencatatan jumlah pemakaian listrik pelanggan PLN. Aplikasi ini juga dapat melaporkan jika ditemukan kecurangan yang dilakukan pelanggan, seperti pencurian arus. Aplikasi ini diimplementasikan menggunakan bahasa pemograman PHP 5 dan J2ME untuk memudahkan pengaksesan melalui telepon seluler. Database yang digunakan adalah MySQL. Aplikasi ini sebagai salah satu alternatif untuk membantu PLN dalam pencatatan jumlah pemakaian listrik pelanggan. Aplikasi pencatatan jumlah pemakaian listrik pelanggan ini dapat mengirimkan banyak data meteran pelanggan dalam sekali kirim dan aplikasi ini juga dapat menyampaikan gangguan yang terjadi pada listrik pelanggan dengan menggunakan telepon seluler. Kata kunci : Aplikasi, Jumlah Pemakaian Lisrtik Pelanggan, J2ME, Meteran, PLN.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 12 Jan 2016 09:01
Last Modified: 12 Jan 2016 09:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/648

Actions (login required)

View Item View Item