Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI MULTIPLE PERSPECTIVES DALAM REKOMENDASI PENGADAAN BUKU PERPUSTAKAAN BERBASIS MOORA (MULTI-OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF A RATIO ANALYSIS ) (STUDI KASUS: PERPUSTAKAAN UIN SUSKA RIAU)

Azhari Aziz, - (2022) IMPLEMENTASI MULTIPLE PERSPECTIVES DALAM REKOMENDASI PENGADAAN BUKU PERPUSTAKAAN BERBASIS MOORA (MULTI-OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF A RATIO ANALYSIS ) (STUDI KASUS: PERPUSTAKAAN UIN SUSKA RIAU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
BAB 1-3,5.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perpustakaan merupakan institusi yang digunakan sebagai pusat informasi dan ilmu pengetahuan. Pada sebuah perpustakaan untuk memenuhi kebutuhan dari pengunjung perpustakaan, maka dibentuk pengelolaan pengadaan buku. Mendapatkan daftar pengadaan buku perlu melakukan penseleksian atas buku tersebut, peneseleksian ini dilakukan secara manual dengan mempertimbangkan satu persatu kriteria. Pada penelitian ini akan dilihat bagaimana implementasi multiple perspectives dalam rekomendasi pengadaan buku perpustakaan UIN SUSKA RIAU berbasis MOORA. Multiple perspectives pada penelitian ini memiliki dua perspektif yaitu perspektif perpustakaan dengan kriteria jumlah buku yang dipinjam, harga buku, penerbit, tahun terbit, stok buku dan perspketif pemustaka dengan kriteria penerbit buku, tahun terbit buku, jumlah pinjaman pemustaka, dan jumlah usulan buku. Output dari sistem rekomendasi pengadaan buku perpustakaan ini adalah perangkingan alternatif yang merupakan buku pengadaan buku perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk dapat membantu pihak pengadaan buku perpustkaan dalam merekomendasikan buku-buku yang akan diadakan. Untuk melihat kualitas dari penelitian ini maka dilakukan pengujian yaitu pengujian confusion matrix yang menghasilkan akurasi 63,33%, pengujian Black Box pada sistem aplikasi yang berjalan baik semua dan pengujian User Accetance Test yang memiliki hasil 85,33% yang menunjukkan nilai “Sangat Baik” berdasarkan interpretasi skor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 09 Jan 2023 04:39
Last Modified: 09 Jan 2023 04:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64797

Actions (login required)

View Item View Item