Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM KEPEMIMPINAN PROFETIK TERHADAP PELAYANAN PUBLIK (Studi Kritis Kitab Al-Farûq Umar Karya Muhammad Husain Haikal)

AMRIN SOFIAN, - (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM KEPEMIMPINAN PROFETIK TERHADAP PELAYANAN PUBLIK (Studi Kritis Kitab Al-Farûq Umar Karya Muhammad Husain Haikal). Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (Bab Gabungan)
Disertasi - Gab.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Bab IV)
Disertasi Bab IV Hasil.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang nilai-nilai pendidikan dalam kepemimpinan profetik terhadap pelayanan publik studi kritis kitab Al-Farûq Umar Karya Muhammad Husain Haikal. Kepemimpinan memberikan pengaruh langsung terhadap hasil akhir dari sebuah pemerintahan terutama dalam melayani para masyarakatnya. Pola kepemimpinan Umar bin Khattab tentunya membawa nilainilai pendidikan Islam. Salah satu karya yang komprehensif membahas tentang kepemimpinan dari Ibnu Khattab adalah Kitab Al-Faruq Umar karya Muhammad Husein Haikal. Secara gamblang menyebutkan tentang keadaan dari Umar bin Khattab dalam seluruh lini kehidupannya. Maka penelitian ini mengkaji tentang pengaruh nilai-nilai pendidikan Islam dalam kepemimpinan profetik Umar Bin Khattab terhadap pelayanan publik di Indonesia pada era sekarang. Penelitian ini bersifat penelitian kepustakaan dan metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi tokoh. Data-data yang terkait dengan studi ini dikumpulkan melalui studi pustaka dan disajikan dengan teknik analisis deskriptif, yaitu dengan menjelaskan mengenai kebijakan Umar bin Khattab dalam pelayanan publik, dengan merujuk pada kitab Muhammad Husain Haikal sebagai data primer dan buku-buku literatur yang berkaitan sebagai data sekunder. Adapun hasil penelitian ini yaitu nilai-nilai pendidikan Islam dalam kepemimpinan Umar Bin Khattab terhadap pelayanan publik dapat dilihat pada sistem pemerintahan dan perkembangan di negara Arab, pelayanan Umar terhadap rakyatnya, pembukuan al-Qur’an, pendidikan Tafsir bil Ra’yi, pendidikan dalam penyebaran hadis dan pendidikan infrastuktur (arsitek). Dan mengenai pengaruh kepemimpinan profetik Umar Bin Khattab terhadap pelayanan publik di Indonesia dapat dilihat dari peran I’tiqadiyah, penertiban sistem pembayaran gaji dan pajak tanah, penertiban laporan harta kekayaan penyelenggara negara, mendirikan pengadilan negara dengan membagi kepada sistem yudikatif, legislatif dan eksekutif, dan membentuk sistem keamanan, sebagai pusat kepolisian dan kemiliteran. Serta dengan adanya kalenderisasi Islam, yang memberikan kemudahan dalam penentuan ibadah bagi seluruh umat muslim. Kata Kunci : Nilai, Pendidikan, Umar bin Khattab, Muhammad Husain Haikal.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 04 Jan 2023 13:54
Last Modified: 04 Jan 2023 13:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64792

Actions (login required)

View Item View Item