Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING (BK) DALAM MENGATASI PERILAKU MALADAPTIF SISWA BROKEN HOME DI SMA NEGERI 5 PEKANBARU

YOLANDA DEWANTARI, - (2022) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING (BK) DALAM MENGATASI PERILAKU MALADAPTIF SISWA BROKEN HOME DI SMA NEGERI 5 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI YOLANDA DEWANTARI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yolanda Dewantari (2022): Peran Guru Bimbingan Konseling (BK) dalam Mengatasi Perilaku Maladaptif Siswa Broken Home di SMA Negeri 5 Pekanbaru Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui peran guru BK dalam mengatasi perilaku maladaptif siswa broken home di SMA Negeri 5 Pekanbaru. 2) Untuk mengetahui faktor – faktor penghambat dan pendukung guru BK dalam melaksanakan perannya di SMA Negeri 5 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di SMA Negeri 5 Pekanbaru. Informan penelitian adalah 2 orang guru bimbingan konseling dan 5 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Ada beberapa hal yang dihasilkan dalam penelitian ini. Pertama, peran guru BK dalam mengatasi perilaku maladaptif siswa broken home dapat dilihat dari pelaksanaan layanan BK, yang dilakukan dengan cara mengawasi perilaku maladaptif siswa, meminta siswa mengunjungi guru BK, memberikan layanan BK antara lain konseling individual dan bimbingan kelompok, dan mengevaluasi layanan yang sudah diberikan. Kedua, faktor pendukung yang membantu guru BK dalam mengatasi perilaku maladaptif tersebut adalah sarana prasarana seperti ruangan khusus untuk konseling individual dan kerjasama yang dilakukan oleh guru BK dengan wali kelas dan guru mata pelajaran. Terakhir, faktor penghambatnya adalah siswa yang menganggap guru BK sebagai polisi sekolah dan kurangnya hubungan yang terjalin antara orang tua dan siswa, serta kurangnya kerjasama guru BK dengan orang tua. Kata Kunci: Peran Guru BK, Perilaku Maladaptif, Broken Home, Konseling Individual, Bimbingan Kelompok

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Jan 2023 01:29
Last Modified: 05 Jan 2023 01:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64791

Actions (login required)

View Item View Item