Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KEARIFAN LOKAL POLA PEMELIHARAAN TERNAK KERBAU SECARA KELOMPOK DI KECAMATAN PANGEAN KUANTAN SINGINGI : STUDI PEMELIHARAAN DAN MORFOMETRIK DESA PAUH ANGIT HULU, DESA PULAU TENGAH DAN DESA TANAH BEKALI

Isal Kurniawan, - (2022) KEARIFAN LOKAL POLA PEMELIHARAAN TERNAK KERBAU SECARA KELOMPOK DI KECAMATAN PANGEAN KUANTAN SINGINGI : STUDI PEMELIHARAAN DAN MORFOMETRIK DESA PAUH ANGIT HULU, DESA PULAU TENGAH DAN DESA TANAH BEKALI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

KEARIFAN LOKAL POLA PEMELIHARAAN TERNAK KERBAU SECARA KELOMPOK DI KECAMATAN PANGEAN KUANTAN SINGINGI : STUDI PEMELIHARAAN DAN MORFOMETRIK DESA PAUH ANGIT HULU, DESA PULAU TENGAH DAN DESA TANAH BEKALI Isal Kurniawan (11980112661) Dibawah bimbingan Yendraliza dan Muhamad Rodiallah INTISARI Sistem peternakan kerbau yang ada pada Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi masih merupakan jenis peternakan rakyat yang hanya berskala kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penerapan aspek pembibitan, aspek kandang, aspek pakan dan aspek kesehatan pada pemeliharaan kerbau di Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi berdasarkan dengan Permentan No. 56/Permentan/OT.140/10/2006. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Juni 2022 pada di lokasi peternakan rakyat Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey yang diperoleh dari 30 peternak kerbau. Parameter penelitian ini adalah profil responden aspek pembibitan, aspek kandang, aspek pakan dan aspek kesehatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik responden terdiri dari 30 peternak perempuan berjumlah 12 orang 40,0% dan laki-laki 18 orang 60,0%, usia diatas 50 tahun berjumlah 15 orang 6,7% pendidikan tamat SD 17 orang 56,7%. Responden yang melaksanakan penerapan aspek pembibitan sebanyak 48,9% aspek kandang berjumlah 46,6% aspek pakan sebesar 40% aspek kesehatan adalah 59,96%. Kearifan lokal aspek pembibitan peternak kerbau adalah dengan melihat ukuran panjang tanduk untuk seleksi bibit, perkandangan tanah wilayat menjadi tempat perkandangan sebagai bentuk kearifan lokal perkandangan, pengunaan obat-obat tradisional sebagai pelaksana aspek kesehatan, ukuran tubuh kerbau pejantan lebih panjang dari betina ( 135 vs 124). Kesimpulan penerapan aspek pemeliharaan tergolong kurang baik, struktur populasi kerbau di Kecamatan Pangean didominasi betina (1:15). Kata Kunci: Aspek pemeliharaan, kearifan lokal, morfometrik, kerbau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 05 Jan 2023 01:27
Last Modified: 05 Jan 2023 01:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64790

Actions (login required)

View Item View Item