Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CRITICAL INCIDENT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 009 TERATAK KECAMATAN RUMBIO JAYA

NORA NOVELIA NINGSIH, - (2022) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CRITICAL INCIDENT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 009 TERATAK KECAMATAN RUMBIO JAYA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Nora Novelia Ningsih, (2022): Penerapan Strategi Pembelajaran Critical Incident untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SD Negeri 009 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran PKn di kelas V SD Negeri 009 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya melalui penerapan strategi pembelajaran critical incident. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara di antaranya kurangnya ketepatan pengucapan dalam berbicara, kurangnya memilih kosa kata atau kalimat dengan tepat, dan kurangnya pemahaman saat berbicara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek penelitian ini adalah strategi pembelajaran critical incident dan keterampilan berbicara siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan strategi pembelajaran critical incident dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan hasil keterampilan berbicara siswa hanya mencapai 54,66% atau berada pada kategori kurang baik. Kemudian tindakan pada siklus I, keterampilan berbicara siswa meningkat menjadi 67% atau berada pada kategori cukup baik. Kemudian pada siklus II, keterampilan berbicara siswa mangalami peningkatan menjadi 87,83% atau berada pada kategori baik. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Critical Incident, Keterampilan Berbicara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Jan 2023 01:10
Last Modified: 05 Jan 2023 01:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64784

Actions (login required)

View Item View Item