Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN HIDROKARBON DENGAN MENGGUNAKAN METODE PRAKTIKUM BERBASIS DAILY LIFE

NURHIKMA SARI, - (2022) ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN HIDROKARBON DENGAN MENGGUNAKAN METODE PRAKTIKUM BERBASIS DAILY LIFE. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Nurhikma Sari (2022) : Analisis Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Hidrokarbon Dengan Menggunakan Metode Praktikum Berbasis Daily Life Keterampilan berpikir kreatif merupakan kompetensi abad 21 yang sangat dibutuhkan dan perlu ditingkatkan dengan memanfaatkan kimia dalam kehidupan sehari-hari.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keterampilan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol serta mengetahui pengaruh metode pembelajaran dengan menggunakan praktikum berbasis daily life terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023 pada kelas XI MIA SMANegeri 1 Pekanbaru dengan materi hidrokarbon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian model pretest-posttest, non-equivalent control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essai, lembar observasi dan wawancara untuk mengetahui keterampilan berpikir kreatif siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaanketerampilan berpikir kreatif siswadilihat dari perolehan rata-rata hasil posttest kelas eksperimen dan kontrol secara berturut-turut adalah 77.1dan 70. Hasil uji hipotesis menggunakan bantuan SPSS memperoleh sig. (2-tailed) = 0,000, yang artinya 0,000 < 0,05 signifikan sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Indikator keterampilan berpikir kreatif antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang memiliki selisih tertinggi yaitu indikator elaborationdengan selisish 8,0 dan selisih terendah yaitu indikator originalitydengan selisih 5,7. Hasil penelitian ini diharapkan dapat merangsang keterampilan berpikir kreatif siswa dengan catatan dilatih secara berkala. Kata Kunci : Keterampilan Berpikir Kreatif, Praktikum Berbasis Daily Life, Hidrokarbon

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 02 Jan 2023 01:34
Last Modified: 02 Jan 2023 01:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64740

Actions (login required)

View Item View Item