Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KEMAMPUAN BERFIKIR REFLEKTIF SISWA PADA MATERI STOIKIOMETRI MENGGUNAKAN LABORATORIUM MAYA

NIVATHUL AIMI, - (2022) KEMAMPUAN BERFIKIR REFLEKTIF SISWA PADA MATERI STOIKIOMETRI MENGGUNAKAN LABORATORIUM MAYA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Nivathul Aimi (2022) : Kemamuan Berfikir Reflektif Siswa Pada Materi Stoikiometri Menggunakan Laboratorium Maya Kemampuan berfikir reflektif menjadi kemampuan yang perlu dikembangkan agar dapat memfasilitasi pemahaman, mendukung perubahan konseptual, dan mendorong evaluasi kritis dan transfer pengetahuan siswa serta dapat dioptimalkan dalam pembekalan pembelajaran salah satunya menggunakan media laboratorium maya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berfikir reflektif siswa pada materi stoikiometri menggunakan laboratorium maya. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2021/2022 di SMA Negeri 1 Pekanbaru dengan materi Stoikiometri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra experiment dengan one group pretest-posttest design dimana subjek dalam penelitian ini hanya terdiri 1 kelas dengan jumlah 36 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes soal esay pretest-posttest, wawancara, dan lembar observasi untuk memperkuat data yang diperoleh. Hasil analisis data menunjukkan pada pretest indikator yang terlihat menonjol ada pada indikator prediksi yaitu semua siswa hanya mencapai skala 1.Sedangkan empat indikator lainnya yaitu kedalaman, akurasi, keluasan dan logis sudah mencapai skala 1 sampai 3. Pelaksanaan posttest terdapat peningkatan kemampuan befikir reflektif siswa. Peningkatan yang paling tinggi terdapat pada indikator logis dan peningkatan yang paling rendah terdapat pada indikator prediksi. Dari lima indikator yang diuji menunjukkan bahwa kemampuan berfikir reflektif siswa 77% berada pada level quasi berfikir reflektif, 9% level pra berfikir reflektif, dan 14% sudah berada pada level berfikir reflektif. Temuan penelitian juga menunjukkan terdapat penggunaan laboratorium maya terhadap kemampuan berfikir reflektif siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata N-gain perindikator yang juga menunjukkan kategori sedang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu guru untuk menumbuhkan kemampuan berfikir reflektif siswa menggunakan media laboratorium maya disertai praktikum langsung dari teori yang diajarkan. Kata Kunci : Kemamuan Berfikir Reflektif, Stoikiometri, Laboratorium Maya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 02 Jan 2023 01:32
Last Modified: 02 Jan 2023 01:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64739

Actions (login required)

View Item View Item