Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

لتًقية استيعاب )SPELLING BEE( فعالية استخدام طريقة تهجئة الكلمات الدفردات العربية لدى طلاب الصف الثامن في الددرسة الدتسسةة مععدد دار الحكمة بكنبارو

PRABANGESTHA NUR CHENDANY, - (2022) لتًقية استيعاب )SPELLING BEE( فعالية استخدام طريقة تهجئة الكلمات الدفردات العربية لدى طلاب الصف الثامن في الددرسة الدتسسةة مععدد دار الحكمة بكنبارو. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI PRABANGESTHA NUR CHENDANY.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Prabangestha Nur Chendany (2022):Efektivitas Metode Spelling Bee Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradat Siswa Kelas VIII MTs Darel Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimental reseacrh, yang terdiri dari dua variabel yaitu Metode spelling bee (X) dan Penguasaan mufradat (Y) di MTs Darel Hikmah pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode spelling bee untuk meningkatkan penguasaan mufradat siswa MTs Darel Hikmah Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah metode spelling bee efektif untuk meningkatkan penguasaan mufradat siswa kelas VIII MTs Darel Hikmah pekanbaru?”. Objek dari penelitian ini adalah evektivitas metode spelling bee untuk meningkatkan penguasaan mufradat siswa. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Darel Hikmah Pekanbaru tahun pelajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Darel Hikmah Pekanbaru yang berjumlah 303 siswa dan sampelnya adalah siswa kelas VIIIA=24 dan VIIIB=20 yang berjumlah 44 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes dan observasi. Tes yang peneliti lakukan adalah dengan melakukan validitas dan realibilitas pada soal pretest, dari 30 soal yang diuji validitas, maka didapat 25 butir soal yang valid dan 5 butir soal yang tidak valid dengan nilai realibilitas 0.89 (tinggi). Berdasarkan dari hasil pretest dan post test di kelas eksperimen, peneliti mendapatkan nilai 10 dan pada kelas kontrol peneliti mendapatkan nilai 6,4. Berdasarkan analisis data menggunakan rumus t-test, diperoleh nilai thitung= 5 lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 1%= 2,70 dan taraf signifikan 5%= 2,02. Sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang berarti bahwa adanya peningkatan yang signifikan antara metode spelling bee terhadap penguasaan mufradat. Begitu juga pada tabel observasi, metode spelling bee mendapatkan nilai 96% dengan arti bagus sekali (Jayyid Jiddan)karena terletak pada taraf signifikan 90% - 100%. Dengan data data tersebut, metode spelling bee dinyatakan efektif untuk meningkatkan penguasaan mufradat siswa kelas VIII MTs Darel Hikmah pekanbaru. Kata kunci:Efektivitas, Metode Spelling bee, Penguasaan mufradat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:11
Last Modified: 30 Dec 2022 02:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64728

Actions (login required)

View Item View Item