Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA PERSANDIAN DAN STATISTIK DALAM MENANGGAPI OPINI PUBLIK TENTANG PELAKSANAAN PEM BANGUNAN DI KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

EKA PURNANDA, - (2022) STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA PERSANDIAN DAN STATISTIK DALAM MENANGGAPI OPINI PUBLIK TENTANG PELAKSANAAN PEM BANGUNAN DI KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI EKA PURNANDA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Eka Purnanda Jurusan : Ilmu Komunikasi (Public Relations) NIM : 11643202046 Judul : Strategi Komunikasi Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik dalam Menanggapi Opini Publik tentang Pelaksanaan Pembangunan di Kabupaten Indragiri Hilir. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya opini-opini publik tentang infrastruktur pembangunan di Kabupaten Indragiri Hilir baik itu jalan maupun jembatan yang masih kurang memadai. Dimana dapat dilihat di berbagai media informasi. Dari opini-opini publik yang berkembang maka diperlukan adanya peran pemerintah dalam menjalankan strategi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik dalam menanggapi opini publik tentang pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Indragiri Hilir. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori penelitian ini menggunakan strategi komunikasi menurut Onong Uchjana Effendy. Informan kunci dalam penelitian ini adalah kepala Dinas dan seksi pengelolaan opini, aspirasi dan pengolahan informasi publik Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi komunikasi dilakukan dalam menanggapi opini publik dengan lima langkah yaitu pertama dengan mengenal sasaran/khalayak dengan melakukan secara langsung maupun dengan pengumpulan data dari internet dan sosial media, kedua dengan menyusun pesan yang akan disampaikan dengan analisis oleh tenaga ahli dan penyusunan pesan komunikasi efektif, ketiga dengan menentukan metode dengan 3 metode (metode canalizing, informative, dan edukatif), keempat pemilihan media yaitu ada media massa elektronik berupa Gemilang Tv (GGTV) dan Radio FM serta menggunakan media online seperti website Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik mediacenter.kabinhil.go.id serta bekerjasama dengan media luar detiksumut, Kilasriau.com, selasar riau, RiauPos, Antarariau.com, Riauterkini, Spiritriau.com, Indragirione.com. Dan terakhir dengan peran komunikator handal baik dari pihak Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik maupun dari kepala daerah di Kabupaten Indragiri Hilir. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Opini Publik, Pelaksanaan Pembangunan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 30 Dec 2022 01:08
Last Modified: 30 Dec 2022 01:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64723

Actions (login required)

View Item View Item