Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI FEATURE SELECTION UNTUK DATA KELULUSAN MAHASISWA MENGGUNAKAN INFORMATION GAIN SYMMETRICAL UNCERTAINTY DAN NAIVE BAYES (STUDI KASUS : TEKNIK INFORMATIKA UIN SUSKA RIAU)

Muhammad Ardhiyansyah, - (2022) IMPLEMENTASI FEATURE SELECTION UNTUK DATA KELULUSAN MAHASISWA MENGGUNAKAN INFORMATION GAIN SYMMETRICAL UNCERTAINTY DAN NAIVE BAYES (STUDI KASUS : TEKNIK INFORMATIKA UIN SUSKA RIAU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
File lengkap sampai lampiran kecual hasil penelitian (Bab IV atau Bab V).pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
File Hasil Penelitian Bab IV atau Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Banyaknya mahasiswa yang lulus tidak tepat waktu merupakan masalah yang sering di hadapi setiap universitas , untuk mendapatkan hasil akreditasi yang bagus tentu semakin banyak mahasiswa yang lulus tepat waktu pasti akan mempengaruhi akreditas untuk universitas dan jurusannya. Hal ini juga terjadi pada Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau prodi Teknik Informatika, jadi untuk mengatasi permasalahan ini maka dilakukan penelitan untuk memprediksi kelulusan mahasiwa dengan menggunakan algoritma klasifikasi naïve bayes dengan menggunkan 2 seleksi fiture information gain dan symmetrical uncertainty dan juga metode pembagian data yang digunakan ialah data training dan data testing dengan menggunakan metode split validation dan pengujian dilakukan menggunakan metode confusion matrix dengan menggunakan data training dan testing dengan rasio 90:10. Akurasi hanya menggunakan naïve bayes didapat hasil akurasi 79,62% dan jika menggunkan seleksi fiture didapat hasil akurasi sebesar 88,88% dengan rasio 90:10 dengan menggunakan 2 atribut.dan apabila menggunakan 3 atribut di dapat hasil akurasi terbaik 87,03% pada symmetrical uncertainty dan 85,18% untuk information gain. Jadi dengan menggunakan seleksi fitur dapat mengingkatkan hasil akurasi sebesar 9,26%. Kata kunci: Kelulusan Mahasiswa, Klasifikasi Naïve Bayes, seleksi fitur

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 27 Dec 2022 08:44
Last Modified: 27 Dec 2022 08:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64668

Actions (login required)

View Item View Item