Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENCIPTAKAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN DI DESA BULUH CINA KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR

Azey Hasparudin, Azey (2022) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENCIPTAKAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN DI DESA BULUH CINA KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)

Abstract

Partisipasi masyarakat dalam menciptakan kebersihan lingkungan merupakan salah satu program yang disediakan oleh aparat Pemerintah Desa Buluh Cina dalam pembangunan bertujuan Partisipasi masyarakat dalam menciptakan kebersihan lingkungan di Desa Buluh Cina Kec. Siak Hulu Kab. Kampar. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Cohen dan Uphoff yang memiliki 4 jenis tentang partisipasi masyarakat yaitu : Pertama, Partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan (participation in decision making). Kedua, Partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan (participation in implementation). Ketiga, Partisipasi masyarakat dalam pengambilan manfaat (participation in benefit). Keempat, Partisipasi masyarakat dalam evaluasi (partisipation in evalutio). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kaulitatif yaitu dengan cara menggambarkan data yang ada kemudian menganalisis sesuai dengan data yang diperoleh dilapangan. Metode pengumpulan data ialah wawancara dengan dua informan kunci dan lima infarman pendukung. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dengan adanya program partisipasi masyarakat dalam menciptakan kebersihan lingkungan, masyarakat sudah cukup aktif dan berpartisipasi dalam mengikuti setiap pelatihan walau belum sempurna dan masih terdapat kendala-kendala dilapangan seperti masih kurangnya masyarakat yang ikut dalam berpartisipasi pada saat rapat dan pada saat pelaksanaan program pelatihan kebersihan lingkungan, masyarakat banyak tidak hadir namun hal ini akan menjadi evaluasi bagi aparat pemerintah maupun masyarakat itu sendiri. Dengan program selanjutnya bisa akan lebih baik dan berpartisipasi dalam mensukseskan menciptakan kebersihan lingkungan hingga dapat dikatakan ilmu yang memang dibutuhkan masyarakat untuk menjadi masyarakat yang lebih peduli arti dari lingkungan bersih, sehat dan indah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Masyarakat, dalam menciptakan kebersihan lingkungan.
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 27 Dec 2022 08:55
Last Modified: 27 Dec 2022 08:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64659

Actions (login required)

View Item View Item