Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS STRATEGI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN KAMPAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN PERLINDUNGAN SOSIAL MASYARAKAT

M. Jhordhi, Jhordhi (2022) ANALISIS STRATEGI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN KAMPAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN PERLINDUNGAN SOSIAL MASYARAKAT. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Kampar, Zakat dan pendidikan adalah dua unsur yang terkait satu sama lainnya. Zakat merupakan investasi bagi para Muzzaki karena zakat secara bahasa berarti suci, tumbuh, bersih dan baik. Sedangkan pendidikan adalah investasi pengetahuan untuk masa depan. Zakat merupakan stimulus guna membangkitkan motivasi untuk mengembangkan potensi, karya dan produktivitas ekonomi dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Strategi Baznas Kabupaten Kampar dalam upaya meningkatkan perlindungan sosial masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis strategi Baznas Kabupaten Kampar dalam upaya meningkatkan perlindungan sosial masyarakat. Adapun teori yang digunakan yaitu perlindungan sosial menurut Baznas dan juga perlindungan sosial menurut international labour organization (ILO) dalam upaya meningkatkan perlindungan sosial masyarakat. Adapun jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan jumlah informan 5 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil wawancara dianalisis dengan trianggulasi data yaitu mengecek keabsahan data yang diperoleh dan dibuat kesimpulannya secara sistematis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka penulis menemukan beberapa hal yaitu: Analisis Strategi Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Kampar dalam upaya Meningkatkan Perlindungan Sosial Masyarakat. Beberapa sektor program dan layanan yang dibuat Baznas dalam meningkatkan perlindungan sosial masyarakat telah sesuai dengan visi dan misi baznas sebagai instansi zakat yang kompeten dan terpercaya dalam melayani mensejahterahkan para mustahik dan muzaki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan, Sosial, Zakat
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 26 Dec 2022 08:27
Last Modified: 26 Dec 2022 08:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64658

Actions (login required)

View Item View Item