Ermina Seriwaty Nainggolan, - (2022) Pengaruh Strategi Pembelajaran Bahasa Siswa dan Efikasi Diri terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris di Pusat Pengembangan Bahasa UIN SYAHADA Padangsidimpuan. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
TESIS BAB IV ERMINA SERIWATY NAINGGOLAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
TESIS FUL KECUALI BAB IV ERMINA SERIWATY NAINGGOLAN.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Ermina Seriwaty Nainggolan (2022): Pengaruh Strategi Pembelajaran Bahasa Siswa dan Efikasi Diri terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris di Pusat Pengembangan Bahasa UIN SYAHADA Padangsidimpuan Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan strategi pembelajaran bahasa siswa dan efikasi diri terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris. Pengumpulan data dilakukan melalui angket strategi pembelajaran bahasa siswa, angket efikasi diri siswa dan dokumen skor tes berbicara. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan desain penelitian kuantitatif. Subyek penelitian adalah semester III di Pusat Pengembangan Bahasa yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan metode proporsional random sampling dari 4 kelas. Jumlah populasi sebanyak 104 siswa dan jumlah sampel sebanyak 52 siswa. Regresi linier sederhana dan rumus regresi berganda digunakan untuk menganalisis data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pertama, terdapat pengaruh yang signifikan dari strategi pembelajaran bahasa siswa terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris dengan skor (0,00<0,05) dengan strategi sosial yang dominan digunakan dalam kemampuan berbicara bahasa Inggris dan strategi yang tidak dominan digunakan adalah strategi metakognitif. Namun, jika strategi metakognitif digunakan, kemampuan berbahasa Inggris akan baik. Kedua, ada pengaruh yang signifikan efikasi diri siswa terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris dengan skor (0,00 < 0,05). Artinya, semakin tinggi efikasi diri maka kemampuan berbicara bahasa Inggris baik atau semakin rendah efikasi diri maka kemampuan berbicara bahasa Inggris rendah. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran bahasa dan efikasi diri siswa 0,01 < 0,05 di Pusat Pengembangan Bahasa UIN SYAHADA Padangsidimpuan. Dengan demikian, strategi bahasa siswa rata-rata dengan 65,37 dan didukung oleh rata-rata efikasi diri dengan 67,13 yang akan membuat kemampuan berbicara bahasa Inggris rata-rata dengan 11,73. Dapat disimpulkan bahwa jika strategi bahasa siswa yang digunakan bagus didukung oleh efikasi diri yang tinggi, kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa akan bagus. Kata kunci: Strategi Pembelajaran Bahasa Siswa, Efikasi Diri, Kemampuan berbicara bahasa Inggris
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 23 Dec 2022 07:31 |
Last Modified: | 23 Dec 2022 07:31 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64647 |
Actions (login required)
View Item |