Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH INTENSITAS MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP KESEHATAN MENTAL DI KALANGAN REMAJA LINGKUNGAN I GUNUNG TUA KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA SUMATERA UTARA

Titin Alawiyah, Titin (2022) PENGARUH INTENSITAS MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP KESEHATAN MENTAL DI KALANGAN REMAJA LINGKUNGAN I GUNUNG TUA KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA SUMATERA UTARA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)

Abstract

Masa remaja adalah salah satu masa yang paling krusial dan kritis dalam perkembangan hidup seorang manusia dimana ditahap ini merupakan masa yang sangat penting, masa yang bermasalah, masa perubahan dan transisi,dan lainnya sehingga remaja menginginkannya terlewati dengan tentram dan bahagia. Sehingga remaja membutuhkan kesehatan mental yang baik untuk berkembang dengan cara yang sehat, membangun hubungan sosial yang kuat, beradaptasi dengan perubahan dan mengatasi tantangan hidup. Ketidaksehatan mental seseorang akan semakin sulit dihindari bila seseorang tidak memiliki daya tahan spritual yang tangguh. Salah satu hal yang dapat meningkatkan daya tahan seseorang dari ketidaksehatan mental adalah agama. Agama mempunyai peran penting dalam pembinaan moral, karena nilai-nilai yang terkandung dalam al-qur’an menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu bentuk ibadah yang biasa serta tidak sulita dilakukan selain shalat adalah membaca Al-Qur’an. Tujuan membaca Al-Qur’an ini adalah menenangkan pikiran dan batin serta cara agar hati tenang dan dapat pula menjadikan rasa cinta terhadap Allah Swt. Sehingga remaja tidak mengabaikan Al-Qur’an, karena diera modern ini Al-Qur’an lambat laun mulai diabaikan oleh remaja. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Populasi yang digunakan adalah 30 remaja. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini didapat dari teknik pengambilan purposive sampling dengan stratafied random sampling. Teknik Analisis Data Regresi Linear, dan pengolahan hasil penelitian ini menggunakan bantuan SPSS Versi 17,0 (statistical product and service solutions) for windows. Hasil dari penelitian yang dilakukan ini terdapat Pengaruh Intensitas Membaca Al-Qur’an Terhadap Kesehatan Mental Dikalangan Remaja. Berdasarkan Uji Regresi Linear yang didapat menunjukkan hubungan yang kuat. 0,994 ≥ 0,847 maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya signifikan. Hasil yang didapat signifikan dan artinya Intensitas Membaca Al-Qur’an Berpengaruh Terhadap Kesehatan Mental Remaja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Intensitas Membaca Al-Qur'an, Kesehatan Mental, Remaja
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 23 Dec 2022 09:26
Last Modified: 23 Dec 2022 09:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64644

Actions (login required)

View Item View Item