Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN PENYULUH AGAMA DALAM MENURUNKAN STRES KERJA PEGAWAI DI LINGKUNGAN KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Rovita Maila Sardina, Rovita (2022) PERAN PENYULUH AGAMA DALAM MENURUNKAN STRES KERJA PEGAWAI DI LINGKUNGAN KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi stress, terdapat pegawai yang stres kerja yang diakibatkan karna pekerjaan yang selalu menumpuk, kinerja pegawai yang kurang optimal, masih terdapat beberapa pegawai, pekerjaan yang di berikan oleh atasan selalu tertunda dan kurang sesuai dengan standar yang diharapkan, masih terdapat pegawai yang kurang mentaati aturan dan displin kepegawaian seperti datang kekantor pada jam yang kurag tepat, masih terdapat pegawai yang lebih memilih duduk santai seolah tidak ada pekerjaan dan tanggungjawab sebagai seorang pegawai di tempat kerja. Hal ini tentunya akan berdampak pada pencapaian pribadi yang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi stres kerja pegawai melalui peran penyuluh agama dalam kegiatan atau program pembinaan keagamaan di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman. Kegiatan pembinaan keagamaan yang diberikan oleh penyuluh agama dimaksudkan untuk lebih mengurangi gejala stres kerja yang dialami individu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif secara spesifik merupakan prosedur penelitian yang berusaha menemukan hasil penelitian dalam bentuk tertulis dari hasil wawancara dan observasi selama proses penelitian. Untuk mendapatkan informasi dalam penelitian ini terdapat sebelas informan, pengambilan data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman bahwa peran penyuluh agama dalam mengurangi stres kerja pegawai dapat dilakukan melalui kegiatan pembinaan keagamaan sebagai pendidik (muaddib).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Penyuluh Agama di Kantor Kementerian Agama (Kemenag)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 23 Dec 2022 08:36
Last Modified: 23 Dec 2022 08:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64642

Actions (login required)

View Item View Item