Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

POLA PELAYANAN ADMINISTRASI MASA PANDEMI COVID-19 SMK MULTI MEKANIK MASMUR PEKANBARU

AGUS NASRUL WATON, - (2022) POLA PELAYANAN ADMINISTRASI MASA PANDEMI COVID-19 SMK MULTI MEKANIK MASMUR PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI AGUS NASRUL WATON.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Agus Nasrul Waton (2022) : Pola Pelayanan Administrasi Masa Pandemi COVID-19 SMK Multi Mekanik Masmur Pekanbaru Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pola pelayanan administrasi masa pandemi COVID-19 di SMK Multi Mekanik Masmur Pekanbaru. 2) Untuk mengetahui faktor Pendukung dan Penghambat dalam pola pelayanan administrasi masa pandemi COVID-19 di SMK Multi Mekanik Masmur Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif Kualitatif. Lokasi penelitian ini di SMK Mulitmekanik Masmur Pekanbaru. Informan penelitian adalah kepala tata usaha, kepala sekolah dan wali siswa. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumnetasi, Teknik analisis data reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pola pelayanan administrasi di SMK Multi Masmur Pekanbaru adalah menerapkan pola pelayanan terpusat bagian tata usaha yang menjadi sentral dari kegiatan pelayanan yang dilakukan. Selain itu juga sudah menerapkan langkah-langkah pola pelayanan yang sesuai dengan pedoman tata laksana pelayanan umum yang ditetapkan dengan keputusan MENPAN Nomor 81 Tahun 1993 yaitu kesederhanaan, kejelasan dan kepastian, keamanan, keterbukaan dan ekonomis. 2) Faktor pendukung dan penghambat pada pola pelayanan administrasi masa pandemi COVID-19 yaitu: a) faktor pendukung dalam pelayanan administrasi pada masa pandemi COVID-19 antara lain yaitu adanya rasa tanggung jawab yang ditanamkan pegawai tata usaha dan pendidik dalam menjalankan tugasnya, adanya aturan yang telah ditetapkan sekolah sehingga tumbuhnya kedisiplinan yang diberikan wewenang dalam melaksanakan pelayanan administrasi, dan faktor memadainya sarana dalam menjalankan pelayanan administrasi pada masa pandemi COVID-19 di SMK Multi Mekanik Masmur Pekanbaru, b) Sementara itu yang menjadi faktor penghambat dalam pelayanan administrasi pada masa pandemi COVID-19 yaitu faktor prasarana di mana ruangan tata usaha di SMK Multi Mekanik Masmur Pekanbaru belum representive dan ukuran ruangan yang kecil sehingga memberi kesan kurang nyaman dan tidak ada ruang tunggu sehingga siswa dan lainnya yang berkeperluan harus mengantri di luar, dan faktor penghambat lainnya yaitu kurangnya tenaga administrasi di SMK Multi Mekanik Masmur Pekanbaru. Selain itu, pengelolaan pembayaran SPP juga kurang terkoordinir dengan baik akibat penurunan perekonomian orangtua siswa selama masa pandemic COVID-19 yang bermata pencariannya bervariasi. Kata Kunci : Pola Pelayanan, Administrasi, Masa Pandemi COVID-19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Dec 2022 04:00
Last Modified: 23 Dec 2022 04:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64635

Actions (login required)

View Item View Item