DOLI FANCIUS SILALAHI, -
(2022)
TINGKAT KECANDUAN GAME ONLINE MENGGUNAKAN ALGORITMA X-MEANS CLUSTERING.
TINGKAT KECANDUAN GAME ONLINE MENGGUNAKAN ALGORITMA X-MEANS CLUSTERING, 14.
pp. 135-145.
ISSN 2579-5406
Abstract
Kecanduan game online didefinisikan sebagai keterlibatan terus menerus dan berlarut-larut yang menghasilkan kecenderungan untuk menarik diri dari kehidupan sosial. Kecanduan game online merasa tidak adanya minat pada hal-hal lain dan agitasi saat tidak bermain game online. Penelitian dilakukan untuk mengelompokkan tingkat kecanduan game online dengan pendekatan konsep clustering. Data yang akan digunakan berupa kuisioner yang disebar pada Mahasiswa jurusan Teknik informatika dan terdiri atas tujuh atribut tetap yaitu kepentingan, toleransi, mood modification, kekambuhan, menarik diri, konfilk dan masalah. Tujuh atribut tersebut terbagi menjadi 21 poin pertanyaan dalam kuisioner. Berdasarkan hasil pengujian dan evaluasi menggunakan davies-bouldin index diperoleh bahwa dengan menggunakan metode X-Means tingkat kecanduan game online pada mahasiswa jurusan teknik informatika dengan jumlah data 300 responden terdiri atas 2 cluster kecanduan game online yaitu tinggi dan rendah.
Actions (login required)
|
View Item |