Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Brain Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.

Novia Wulandari, - (2022) Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Brain Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Skripsi thesis, TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV - REVISI 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Novia Wulandari (2022): Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Brain Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja siswa (LKS) berbasis pendekatan brain based learning untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematika siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen, guru mata pelajaran matematika dan peserta didik kelas VIII. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis pendekatan brain based learning untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematika siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik angket dan soal posttest. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis kuantitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh : (1) LKS berbasis pendekatan brain based learning dinyatakan dalam kategori sangat valid dengan rata-rata kevalidan sebesar 89,1%. (2) LKS berbasis pendekatan brain based learning dinyatakan dalam kategori sangat praktis pada kelompok kecil dengan rata-rata kepraktisan sebesar 84,56%, sedangkan untuk kelompok terbatas dengan rata-rata kepraktisan sebesar 86,2%. (3) LKS berbasis pendekatan brain based learning dinyatakan dalam kategori efektif. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan valid, praktis dan efektif. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Pendekatan Brain Based Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Dec 2022 06:56
Last Modified: 22 Dec 2022 06:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64630

Actions (login required)

View Item View Item