Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Siswa pada Tema Ekosistem Kelas V SD Negeri 005 Rambah Hilir

Risma Hidayati, - (2022) Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Siswa pada Tema Ekosistem Kelas V SD Negeri 005 Rambah Hilir. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (851kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Risma Hidayati, (2022) : Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Siswa pada Tema Ekosistem Kelas V SD Negeri 005 Rambah Hilir Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kerja sama siswa pada tema ekosistem melalui penerapan model pembelajaran Picture and Picture di kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Rambah Hilir. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kerja sama siswa pada tema. ekosistem. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 15 orang siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Rambah Hilir. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran picture and picure dan kemampuan kerja sama siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan kemampuan kerja sama siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum dilakukan tindakan hasil kemampuan kerja sama siswa hanya mencapai 47,2% atau berada pada kategori cukup. Kemudian dilakukan tindakan pada siklus 1, kemampuan kerja sama siswa meningkat menjadi 55,8% atau berada pada kategori cukup. Kemudian pada siklus II, kemampuan kerja sama siswa mengalami peningkatan menjadi 80% atau berada pada kategori sangat baik. Hal ini berarti sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Picture and Picture pada tema ekosistem dapat meningkatkan kemampuan kerja sama siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Rambah Hilir. Kata kunci: Model Pembelajaran Picture and Picture, Kemampuan Kerja Sama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Dec 2022 08:00
Last Modified: 22 Dec 2022 08:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64628

Actions (login required)

View Item View Item