Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 002 PENYASAWAN KABUPATEN KAMPAR

YOLANDA PUSPITA SARI, - (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 002 PENYASAWAN KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB 1 - BAB V TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Yolanda Puspita Sari (2022) : Penerapan Model Pembelajaran Team Quiz untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kerjasama siswa melalui model pembelajaran team quiz pada muatan pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kerjasama siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan. Rendahnya kerjasama siswa ditandai dengan masih banyaknya siswa yang tidak bisa memberikan pendapat atau ide saat pembelajaran, tidak mengomunikasikan dengan sesama anggota kelompoknya tentang kegiatan yang akan dilakukan untuk menyelesaikan tugas bersama, dan sedikitnya siswa yang mau berusaha ambil bagian untuk menyelesaikan tugas bersama secepatnya, dan sedikitnya siswa yang mau berusaha menyatukan ide atau gagasan setiap anggota kelompoknya untuk menyelesaikan tugas bersama. Untuk itu peneliti menerapkan model pembelajaran Team Quiz untuk meningkatkan kerjasama siswa. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 25 orang siswa kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan. Sedangkan objek penelitian ini adalah model pembelajaran team quiz untuk meningkatkan kerjasama siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran team quiz dapat meningkatkan kerjasama siswa. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata kerjasama siswa hanya 46% atau tergolong rendah karena 46% berada pada interval nilai <60. Pada siklus I, rata-rata kerjasama siswa meningkat menjadi 62% atau tergolong “Cukup baik” karena 62% berada pada interval 60-69. Pada siklus II, rata-rata kerjasama siswa mengalami pengkatan lagi menjadi 90% atau tergolong “Baik”, karena 90 berada pada interval nilai 80-100. Dengan demikian, Model Pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan Kerjasama Siswa di kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan. Kata Kunci: Team Quiz, Kerjasama Siswa dan Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Dec 2022 03:15
Last Modified: 22 Dec 2022 03:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64618

Actions (login required)

View Item View Item