IMPLEMENTASI APLIKASI PENGAMANAN PESAN MENGGUNAKAN ALGORITMA DATA ENCRYPTION STANDARD (DES) DAN LEAST SIGNIFICANT BIT (LSB) PADA CITRA DIGITAL

Fitri, (2011) IMPLEMENTASI APLIKASI PENGAMANAN PESAN MENGGUNAKAN ALGORITMA DATA ENCRYPTION STANDARD (DES) DAN LEAST SIGNIFICANT BIT (LSB) PADA CITRA DIGITAL. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011129.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Melindungi informasi yang dirahasiakan dari orang yang tidak berhak mengakses informasi tersebut diperlukan suatu cara untuk mengamankan data dan informasi. Salah satu cara pengamanan dalam pengiriman adalah merubah data menjadi yang tidak dimengerti dengan penyandian dan penyisipan menggunakan teknik kriptografi dan steganografi. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk menghasilkan program aplikasi yang mampu menjaga dan memberikan keamanan yang berlapis tanpa mengurangi atau merusak pesan teks dalam citra yang disampaikan. Aplikasi ini dibangun menggunakan algoritma Data Encryption Standard dan Least Significant Bit, algoritma ini adalah algoritma kriptografi kunci simetris berjenis block chiper. Algoritma penyandian citra menggunakan 64 bit dan 16 kali putaran berdasarkan matriks permutasi dan spesifikasi dari steganografi dilakukan dengan menggantikan bit-bit terakhir pada gambar dengan bit pesan teks. Hasil dari penelitian ini adalah suatu aplikasi yang dapat melakukan proses enkripsi dan dekripsi pesan teks yang disisipkan dalam gambar dengan format bitmap. Kata Kunci : Algoritma Data Encryption Standard, Citra Bitmap, Kriptografi, Least Significant Bit, Steganografi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 12 Jan 2016 09:01
Last Modified: 12 Jan 2016 09:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/646

Actions (login required)

View Item View Item