Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI KURIKULUM BAHASA ARAB PADA PERSIAPAN BAHASA SISWA BARU PADA JENJANG ALIYAH DI PONDOK PESANTREN IMAM IBNU KATSIR PEKANBARU RIAU

LIWAN SISWANDA, - (2022) IMPLEMENTASI KURIKULUM BAHASA ARAB PADA PERSIAPAN BAHASA SISWA BARU PADA JENJANG ALIYAH DI PONDOK PESANTREN IMAM IBNU KATSIR PEKANBARU RIAU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TESIS LIWAN SISWANDA.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK LIWAN SISWANDA, (2022): Implementasi Kurikulum Bahasa Arab Pada Persiapan Bahasa Siswa Baru Pada Jenjang Aliyah Di Pondok Pesantren Imam Ibnu Katsir Pekanbaru Riau Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode desktiftif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode pembelajaran bahasa arab dan bagaimana implementasi kurikulum pembelajaran bahasa arab di pondok pesantren imam ibnu kasir pekanbaru riau. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data skunder yang berkaitan dengan topik penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Setelah peneliti menganalisis penelitian yang berkaitan dengan topik tersebut, peneliti menyimpulkan, bahwa siswa mengalami perkembangan bahasa yang bagus, bisa dilihat dari segi bahasa dan nilai rata rata kelas yang di dapat siswa. Dengan adanya kelas ILMA maka kemampuan siswa untuk berbahasa arab bisa lebih bagus. Begitu pula setiap tahunnya siswa yang masuk ke madrasah aliyah imam ibnu kasir pekanbaru riau siswanya terus bertambah. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum bahasa arab, sehingga untuk menambah wawasan seputaran bahasa arab kurikulum tersebut sangan bagus untuk diterapkan di setiap pondok pesantren. Kata kunci: Implementasi Kurikulum, Bahasa Arab, Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: pps -
Date Deposited: 19 Dec 2022 04:30
Last Modified: 19 Dec 2022 04:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64568

Actions (login required)

View Item View Item