Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN METODE MUBASYIROH DALAM BELAJAR BAHASA ARAB TERHADAP PENGUASAAN MUFRODAT SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYYAH ANSHOR AL-SUNNAH AIRTIRIS.

MAIMANATUL ULYA, - (2022) PENGARUH PENERAPAN METODE MUBASYIROH DALAM BELAJAR BAHASA ARAB TERHADAP PENGUASAAN MUFRODAT SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYYAH ANSHOR AL-SUNNAH AIRTIRIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MAIMANATUL ULYA.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Maimanatul Ulya, (2022): Pengaruh Penerapan Metode Mubasyiroh Dalam Belajar Bahasa Arab Terhadap Penguasaan Mufrodat Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyyah Anshor Al-Sunnah Airtiris. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Metode Mubasyiroh Dalam Belajar Bahasa Arab Terhadap Penguasaan Mufrodat Siswa Madrasah Tsanawiyyah Anshor Al-Sunnah Airtiris. Rumusan Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah Penerapan Metode Mubasyiroh dalam belajar bahasa Arab berpengaruh terhadap penguasaan mufrodat Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyyah Anshor Al-Sunnah Airtiris?”. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyyah Anshor Al-Sunnah Airtiris, tahun ajaran 2022/2023 dengan sampel sebanyak 38 orang yaitu kelas eksperimen 19 orang (VIII B3) dan kelas kontrol sebanyak 19 orang (VIII B2) Madrasah Tsanawiyyah Anshor Al-Sunnah Airtiris. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Dengan demikian penguasaan mufrodat siswa sebelum diterapkan Metode Mubasyiroh pada kelas eksperimen dikategorikan “baik” dengan nilai 67,9. Dan kondisi penguasaan mufrodat siswa pada kelas kontrol dikategorikan “baik” dengan nilai 67,9 juga. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Belajar Bahasa Arab Dengan Metode Mubasyiroh berpengaruh terhadap Penguasaan Mufrodat siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyyah Anshor Al-Sunnah Airtiris. Karena T hitung (19,605) > T table (0,456), dan nilai sig. 2-tailed sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Pengaruh, Metode Mubasyiroh, dan Penguasaan Mufrodat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Dec 2022 03:51
Last Modified: 16 Dec 2022 03:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64551

Actions (login required)

View Item View Item