Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY (SAVI) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF-EFFICACY SISWA SMA

SITI AISYAH, - (2022) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY (SAVI) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF-EFFICACY SISWA SMA. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini didasari dari observasi awal mengenai rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa di SMAN 1 Hulu Kuantan. Maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan melihat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization and Intellectualy (SAVI) dengan siswa yang mengkuti pembelajaran saintifik berdasarkan self-efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian factorial experiment. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan komunikasi matematis, angket self-efficacy, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa:1) terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization and Intellectualy (SAVI) dengan siswa yang mengkuti pembelajaran saintifik, 2) terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki self-efficacy tinggi, sedang dan rendah, 3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization and Intellectualy (SAVI) dengan self-efficacy terhadap kemampuan komunnikasi matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization and Intellectualy (SAVI) berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis berdasarkan self-efficacy siswa SMAN 1 Hulu Kuantan. Sehingga dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran matematika di sekolah terutama dalam mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis. Kata Kunci: Pendekatan Somatic, Auditory, Visualization and Intellectualy (SAVI), Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Efficacy

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Dec 2022 03:46
Last Modified: 16 Dec 2022 03:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64548

Actions (login required)

View Item View Item