Siska Ramadani, - (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL AYAT-AYAT CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DITINJAU DARI KAJIAN KARAKTER KURIKULUM 2013 DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TINGKAT SMA KELAS XII. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Siska Ramadani (2022) : Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Ayat-Ayat Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy Ditinjau dari Kajian Karakter Kurikulum 2013 dan Relevansinya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMA Kelas XII Pendidikan karakter merupakan pendidikan untuk membentuk kepribadian seorang anak atau seorang siswa. Karakter ini akan tergambar pada perilaku seorang anak tersebut. Pendidikan karakter ini tidak dimuat dalam KD secara khusus, akan tetapi ditanamkan melalui kegiatan proses pembelajaran, termasuk pada proses pembelajaran bahasa Indonesia. Pada mata pelajaran bahasa Indonesia ini terdapat KD yang menganalisis isi dan kebahasaan novel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Ayat-Ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy dan relevansinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia tingkat SMA kelas XII. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (Library Research) dan pendekatan penelitian yang dipakai adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca dan teknik catat. Setelah data terkumpul, data tersebut dianalisis menggunakan teknik content analysis. Setelah data dianalisis diperoleh simpulan bahwa dalam novel Ayat-Ayat Cinta terdapat tujuh belas nilai pendidikan karakter yaitu: (1) religius yang memiliki 10 data (17,8%), (2) jujur yang memiliki 1 data (1,7%), (3) toleransi yang memiliki 3 data (5,35%), (4) disiplin yang memiliki 3 data (5,35%), (5) kerja keras yang memiliki 10 data (17,8%), (6) kreatif yang memiliki 2 data (3,57%), (7) mandiri yang memiliki 2 data (3,57%), (8) demokratis yang memiliki 2 data (3,57%), (9) rasa ingin tahu yang memiliki 1 data (1,7%), (10) semangat kebangsaan yang memiliki 1 data (1,7%), (11) cinta tanah air yang memiliki 3 data (5,35%), (12) menghargai prestasi yang memiliki 1 data (1,7%), (13) bersahabat/komunikatif yang memiliki 5 data (8,92%), (14) cinta damai yang memiliki 3 data (5,35%), (15) gemar membaca yang memiliki 1 data (1,7%), (16) peduli sosial yang memiliki 3 data (5,35%), (17) dan tanggung jawab yang memiliki 5 data (8,92%). Adapun nilai pendidikan karakter dalam novel tersebut relevan dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA yang berkaitan dengan Kompetensi Dasar 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel. Kata Kunci: Nilai-nilai pendidikan karakter, Novel, Pembelajaran bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 16 Dec 2022 03:43 |
Last Modified: | 16 Dec 2022 03:43 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64544 |
Actions (login required)
View Item |