Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PERBANDINGAN MEDIA TANAM TANAH TOP SOIL DAN SLUDGE PABRIK KELAPA SAWIT TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) DI MAIN-NURSERY

MUHAMMAD CHUJANG CHADDY, - (2022) PENGARUH PERBANDINGAN MEDIA TANAM TANAH TOP SOIL DAN SLUDGE PABRIK KELAPA SAWIT TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) DI MAIN-NURSERY. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PERBANDINGAN MEDIA TANAM TANAH TOP SOIL DAN SLUDGE PABRIK KELAPA SAWIT TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DI MAIN NURSERY Muhammad Chujang Chaddy (11780213682) di bawah bimbingan Bakhendri Solfan dan Syukria Ikhsan Zam INTISARI Kelapa sawit merupakan tanaman perkebunan yang memiliki peranan strategis penghasil devisa dan lokomotif perekonomian nasional. Ketersediaan bibit kelapa sawit yang berkualitas baik menentukan produktivitas yang baik. Ketersediaan hara di dalam pembibitan kelapa sawit dapat diberikan berupa sludge. Sludge dapat digunakan sebagai campuran media tanam dan subtitusi pupuk anorganik di dalam pembibitan kelapa sawit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan perbandingan media tanam tanah top soil dan sludge pabrik kelapa sawit yang terbaik untuk pertumbuhan bibit kelapa sawit di main-nursery. Penelitian ini dilaksanakan di lahan perumahan Griya Setya Nusa, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar pada bulan November sampai Februari 2022. Menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan perbandingan media tanam terdiri dari 6 perlakuan, A0= tanah top soil, A1= perbandingan 3:1, A2= perbandingan 2:1, A3= perbandingan 1:1, A4= perbandingan 1:2, A5= perbandingan 1:3. Setiap perlakuan diulang sebanyak 5 kali. Parameter yang diamati yaitu tinggi tanaman, diameter batang, jumlah daun, panjang daun dan lebar daun. Hasil penelitian menunjukan bahwa perbandingan media tanam tanah top soil dan sludge pabrik kelapa sawit dapat memberi pengaruh terhadap tinggi tanaman, diameter batang, panjang daun dan lebar daun. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlakuan 1:1 (1 bagian tanah top soil : 1 bagian sludge) merupakan perlakuan yang memberikan pengaruh terbaik terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di main-nursery. Kata kunci : kelapa sawit, main-nursery, media tanam, sludge, tanah top soil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 15 Dec 2022 08:08
Last Modified: 15 Dec 2022 08:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64541

Actions (login required)

View Item View Item