Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

REDESIGN ALAT DESTILASI SEDERHANA UNTUK PENGOLAHAN SAMPAH PLASTIK MENJADI BAHAN BAKAR MINYAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE REVERSE ENGINEERING

Fachrul Hidayah, - (2022) REDESIGN ALAT DESTILASI SEDERHANA UNTUK PENGOLAHAN SAMPAH PLASTIK MENJADI BAHAN BAKAR MINYAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE REVERSE ENGINEERING. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
File BAB IV dan BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
File Lengkap Kecuali BAB IV dan BAB V.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Fachrul Hidayah (2022) : REDESIGN ALAT DESTILASI SEDERHANA UNTUK PENGOLAHAN SAMPAH PLASTIK MENJADI BAHAN BAKAR MINYAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE REVERSE ENGINEERING Sampah yang dibiarkan menumpuk dan tidak dikelola dengan baik akan berdampak buruk pada lingkungan dan kesehatan makhluk hidup. Untuk mengatasi permasalahan sampah khususnya sampah plastik, perlu dilakukan peracangan alat untuk pengolahan sampah plastik, salah satunya alat yang dapat menghasilkan bahan bakar minyak seperti alat destilasi. Destilasi merupakan teknik pemisahan yang didasari atas perbedaan titik didih dari masing masing zat penyusun melalui campuran homogen. Pada rancangan sebelumnya digunakan untuk memisahkan kandungan minyak dari sampah berbahan plastik untuk membuat produk batu bata yang berbahan dasar sampah plastik yang ramah api. Kekurangan dari alat sebelumnya terdapat pada tabung tempat pembakaran sampah yang masih memiliki banyak celah udara keluar masuk sehingga uap yang dihasilkan dari proses destilasi banyak yang terbuang dan tidak terdestilasi dengan sempurna. Hal ini mengakibatkan minimnya minyak yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode Reverse Engineering untuk menyempurnakan alat destilasi yang sudah ada agar dapat menghasilkan minyak yang lebih baik. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan pada alat destilasi sebelumnya dengan menggunakan 1 kg sampah plastik menghasilkan minyak dengan volume 50 ml. Sedangkan pada alat destilasi pengolahan sampah plastik yang baru juga menggunakan 1 kg sampah plastik dan menghasilkan minyak dengan volume 200 ml. Persentase kinerja dari alat destilasi ini sebesar 400% dan rendemen sebesar 18,4%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 15 Dec 2022 07:51
Last Modified: 15 Dec 2022 07:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64534

Actions (login required)

View Item View Item