Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TIGA GOLONGAN MANUSIA DAN EKSISTENSINYA DALAM AL-QUR’ÂN SURAH AL-BAQARAH AYAT 2-20 PERSPEKTIF AHMAD MUSTHAFA AL-MARAGHI (Kajian Tafsir Tahlili)

ROZIANA ULVA, - (2022) TIGA GOLONGAN MANUSIA DAN EKSISTENSINYA DALAM AL-QUR’ÂN SURAH AL-BAQARAH AYAT 2-20 PERSPEKTIF AHMAD MUSTHAFA AL-MARAGHI (Kajian Tafsir Tahlili). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Abstrak Skripsi ini berjudul: Tiga Golongan Manusia Dan Eksistensinya Dalam Al-Qur’ân Surah Al-Baqarah Ayat 2-20 Perspektif Ahmad Musthafa Al-Maraghi (Kajian Tafsir Tahlili). Manusia merupakan salah satu makhluk ciptaan Allah yang memiliki derajat paling tinggi di antara makhluk lainnya. Pada dasarnya manusia diciptakan oleh Allah sebagai makhluk individu dan makhluk sosial serta Allah menugaskan mereka sebagai khalifah di muka bumi ini. Disamping perannya sebagai khalifah, manusia juga berperan sebagai hamba Allah. Untuk menjadi hamba Allah berarti ia harus taat dan patuh pada perintah-Nya, dengan kesediaan menghambakan diri hanya kepada Allah dengan sepenuh hati. Dalam Al-Qur‟ân Allah menjelaskan bahwa ada tiga golongan manusia dalam QS. Al-Baqarah ayat 2-20 yaitu mereka adalah orang-orang beriman, orang-orang kafir, dan orang-orang munafik. Eksistensi kehidupan dari tiga golongan manusia tersebut memang benar-benar ada dan nyata, keberadaan mereka sudah ada dari zaman Rasulullah جل جلاله hingga saat ini dan terdapat di semua tempat dan masa. Dalam Skripsi ini penulis ingin mengkaji dan memahami dari tiga golongan manusia tersebut. Persoalan yang akan diteliti dalam Skripsi ini adalah mengenai: 1) Bagaimana penafsiran Ahmad Musthafa Al-Maraghi tentang tiga golongan manusia dalam QS. Al-Baqarah ayat 2-20?, 2) Bagaimana eksistensi tiga golongan manusia itu pada masa sekarang ditengah masyarakat menurut Tafsir Al-Maraghi?. Adapun jenis yang digunakan peneliti adalah penelitian kepustakaan (library research), dengan langkah kerja metode analisis tahlili, yakni menjelaskan ayat Al-Qur‟ân secara analisis, dengan berbagai aspek yang terkait dengan ayat Al-Qur‟ân, seperti asbabun nuzul, munasabah, balaghah, dan lain sebagainya. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa menurut Al-Maraghi di antara orang-orang yang hidup di masa jahiliyyah terdapat orang yang berkemauan menerima cahaya kebenaran, mereka adalah orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir, melakukan kebajikan menghindari perbuatan mungkar. Akan tetapi masih ada juga orang-orang yang berpaling dari kebenaran, mereka adalah orang-orang kafir dan orang-orang munafik, dan keberadaan mereka akan selalu ada di setiap tempat dan masa. Kata kunci: Al-Qur‟ân, eksistensi, iman, kafir, munafik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 13 Dec 2022 05:14
Last Modified: 13 Dec 2022 05:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64500

Actions (login required)

View Item View Item