Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN PERILAKU POLITIK UANG DENGAN PARTISIPASI PEMILIH PADA PILKADA TAHUN 2020 DI DESA ASAM JAWA KECAMATAN TORGAMBA KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN SUMATERA UTARA

Bayu Syafriza, Bayu (2022) HUBUNGAN PERILAKU POLITIK UANG DENGAN PARTISIPASI PEMILIH PADA PILKADA TAHUN 2020 DI DESA ASAM JAWA KECAMATAN TORGAMBA KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN SUMATERA UTARA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)

Abstract

Administrasi adalah keseluruhan proses pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang terlibat dalam suatu bentuk usaha kerjasama demi tercapainya tujuan yang di tentukan sebelumnya. Sistem Administrasi negara juga berinteraksi dengan ilmu politik, dan sistem politik di Indonesia menganut sistem demokrasi yang mana kekuasaan tertinggi ada pada rakyat. Politik uang adalah suatu upaya memengaruhi orang lain (masyarakat) dengan menggunakan imbalan materi. Pengaruh politik uang terdahap partisipasi pemilih inilah yang melatar belakangi Penelitiann ini. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan perilaku politik uang dengan partisipasi pemilih pada pilkada tahun 2020 di Desa Asam Jawa Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan Sumatera Utara. Metode penelitian ini menggunakan kaedah kuantitatif dengan cara membagikan angket kepada 97 responden yang ikut memilih pada Pilkada Tahun 2020 di Desa Asam Jawa. Data dianalisis dengan menggunakan uji korelasi product moment dengan software SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan perilaku politik uang dengan partisipasi pemilih (r=0,463, dimana p>0,05). Walaupun tim sukses, tim pemenangan dan tim relawan dari dari 5 calon kepala daerah berusaha mempengaruhi pilihan warga melalui praktek pembagian uang/barang ternyata tidak mempengaruhi partisipasi warga dalam Pilkada Tahun 2020. Responden kajian memiliki tingkat kesadaran politik sebagai warga negara yang dibuktikan dengan kahadiran mereka di TPS sebesar 73,57%. Sebaiknya pasangan calon yang maju bukan membagikan uang tetapi menyampaikan visi, misi dan program yang rasional dan membuktikan bahwa selama ini mereka telah berjuang dan berkorban demi kemajuan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Politik Uang, Partisipasi Pemilih
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 09 Dec 2022 07:08
Last Modified: 09 Dec 2022 07:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64470

Actions (login required)

View Item View Item