Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TIPOLOGI PEREMPUAN DALAM BUDAYA MASYARAKAT MINANG DAN RELEVANSINYA TERHADAP AL-QUR’AN

Ramadhan Illyassa Putra, - (2022) TIPOLOGI PEREMPUAN DALAM BUDAYA MASYARAKAT MINANG DAN RELEVANSINYA TERHADAP AL-QUR’AN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB I- BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)

Abstract

Peran seorang perempuan terhadap perkembangan zaman sangatlah berpengaruh, dikarenakan perempuan memiliki keistimewaan yang bukan hanya melahirkan generasi, namun juga menjadi madrasah pertama bagi anak-anak yang dilahirkannya. Salah satu suku yang menjadikan perempuan sebagai sosok yang memiliki kedudukan yang tinggi ialah suku Minangkabau. Menurut salah satu tokoh masyarakat Minangkabau yaitu Yus Datuak Perpatiah, ia mengatakan perempuan itu terbagi menjadi lima, yaitu perempuan burung barau-barau sebagai perempuan penyebar fitnah, perempuan burung layang-layang sebagai perempuan pembangkang, perempuan lawah-lawah (perempuan laba-laba) sebagai perempuan penggoda, perempuan anai-anai (perempuan rayap) sebagai perempuan yang tak memiliki prinsip hidup, dan perempuan ramu-ramu (perempuan kupu-kupu) sebagai perempuan yang berakhlak mulia. Penelitian ini fokus membahas tentang tipologi perempuan dalam masyarakat Minangkabau ditinjau dari perspektif Al-Qu’an. Penelitian ini termasuk metode penelitian kualitatif yang menggunakan jenis penelitian pustaka (library research). Oleh karna itu penelitian menggunakan metode tafsir tematik atau maudu’i. Hasil pada penelitian ini merupakan penafsiran tentang ayat-ayat yang berkenaan tentang tipologi perempuan dalam masyarakat Minang yang terbagi menjadi dua yaitu perempuan tidak baik dan perempuan baik. Perempuan burung lawah-lawah dalam Surat Yusuf ayat 23, perempuan burung layang-layang dan perempuan anai-anai dalam surat At-Tahrim 10 dan perempuan burung barau-barau Al-Lahab ayat 4 sebagai perempuan yang tidak baik, sedangkan perempuan yang baik tergambar dalam perempuan ramu-ramu di surat Al-Qasas ayat 10, dan At-Tahrim ayat 11-12.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 08 Dec 2022 03:37
Last Modified: 08 Dec 2022 03:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64462

Actions (login required)

View Item View Item