ANGGUN SETIO WATI, - (2022) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA TATARAN MORFOLOGI PADA PENULISAN TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 RENGAT BARAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN(BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Anggun Setio Wati, (2022): Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Morfologi pada Penulisan Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Rengat Barat Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya siswa dalam menulis terutama dalam menulis teks eksplanasi. Berdasarkan wawancara dengan guru bahasa Indonesia SMAN 1 Rengat Barat, siswa relatif masih banyak melakukan kesalahan dalam penggunaan afiksasi, reduplikasi dan komposisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan bentuk kesalahan morfologi serta mengetahui faktor-faktor penyebab kesalahan morfologi pada penulisan teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Rengat Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Rengat Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan angket (kuesioner). Setelah data terkumpul, selanjutnya akan dianalisis dengan menggunakan dua teknik yaitu teknik analisis data kualitatif yang digunakan untuk menganalisis data mengenai kesalahan morfologi dan teknik analisis data deskriptif persentase yang digunakan untuk menganalisis faktor-faktor penyebab kesalahan morfologi. Hasil penelitian menunjukkan adanya kesalahan berbahasa bidang morfologi dengan rincian afiksasi 48 kesalahan dengan proporsi (75%) dan reduplikasi 16 kesalahan dengan proporsi (25%). Adapun rumusan masalah kedua mengenai faktor penyebab kesalahan morfologi yang dilakukan siswa yaitu karena siswa kurangpaham terhadap penggunaan penulisan kata berimbuhan dengan jumlah proporsi (61,54%), karena terpengaruh bahasa ibu dengan proporsi (59,30%), dan karena siswa kurang memperhatikan ketika guru menjelaskan pelajaran guru dengan jumlah proporsi (71,86%). Kata Kunci: Kesalahan Morfologi, Teks Eksplanasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 04:43 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 04:43 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64444 |
Actions (login required)
View Item |