Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERANAN USAHA PENGOLAHAN PUCUK NIPAH DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM (Studi Di Desa Tanjung Baru Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Indragiri Hilir)

DEVIKA NOVALIA INDAH, - (2022) PERANAN USAHA PENGOLAHAN PUCUK NIPAH DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM (Studi Di Desa Tanjung Baru Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Indragiri Hilir). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Devika Novalia Indah (2022): Peranan Usaha Pengolahan Pucuk Nipah Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Ditinjau Menurut Ekonomi Islam (Studi Kasus Di Desa Tanjung Baru Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Indragiri Hilir). Latar belakang penulis melakukan penelitian ini yaitu banyaknya masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga yang perekonomiannya meningkat setelah menekuni usaha pucuk nipah di Desa Tanjung Baru. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana peranan usaha pengolahan pucuk nipah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Tanjung Baru, dan bagaimana pandangan ekonomi Islam terhadap peranan usaha pucuk nipah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengrajin usaha pucuk nipah yang berada di Desa Tanjung Baru yang berjumlah 23 orang. Karena populasinya sedikit maka penulis menjadikan seluruh populasi sebagai sampel dengan menggunakan metode total sampling. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Analisa data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah peranan usaha pengolahan pucuk nipah dalam perekonomian masyarakat cukup baik dan menjanjikan, hal ini didukung dengan adanya peningkatkan pendapatan dan kesejahteraan pengrajin menurut tinjauan ekonomi Islam bahwa usaha pucuk nipah sesuai dengan ekonomi Islam. Usaha pucuk nipah menggunakan modal sendiri, tidak ada unsur penipuan, bahan yang digunakan berkualitas baik, tidak ada unsur kebohongan, tenaga kerja yang digunakan tekun, terampil dan jujur. Kata Kunci: Peranan Usaha, Pucuk Nipah, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 06 Dec 2022 04:37
Last Modified: 06 Dec 2022 04:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64433

Actions (login required)

View Item View Item