Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PELAKSANAAN PROGRAM DANA AMANAH PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (DAPM) SAKURA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DI KECAMATAN MINAS MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

HASANAH MUTHMAINNA, - (2022) PENGARUH PELAKSANAAN PROGRAM DANA AMANAH PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (DAPM) SAKURA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DI KECAMATAN MINAS MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (801kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI HASANAH MUTHMAINNA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hasanah Muthmainna (2022): Pengaruh Pelaksanaan Program Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) Sakura Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Di Kecamatan Minas Menurut Perspektif Ekonomi Islam Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) merupakan salah satu program pemerintah daerah yang bertujuan untuk penanggulangan kemiskinan yang berbasis pemberdayaan. Upaya pemberdayaan dimulai dari rasa kepedulian dan niat tolong-menolong individu dan masyarakat yang membutuhkan. Dengan adanya program DAPM yang dapat membantu masyarakat miskin atau kurang mampu dalam meningkatkan pendapatan agar dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tujuan dari peneitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh program dana amanah pemberdayaan masyarakat (DAPM) Sakura terhadap meningkatkan pendapatan masyarakat dan tinjauan ekonomi Islam tentang program dana amanah pemberdayaan masyarakat (DAPM) Sakura terhadap meningkatkan pendapatan masyarakat di Kecamatan Minas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah masyarakat yang telah mengikuti pinjaman modal di UPK Sakura Minas dengan jumlah populasi 132 dan sampel sebanyak 57 responden. Tenik pengambilan sampel dengan cara accidental sampling. Sumber data penelitian ini di peroleh dari data primer berupa angket dan data sekunder berupa literatur, jurnal, publikasi pemerintah dan sumber-sumber yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket (kuesioner), dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi (R²), dan uji hipotesis penelitian dengan bantuan sofware SPSS 24. Dari hasil penelitian ini, diperoleh uji regresi linier sederhana Y= 12,040 + 0,395X dimana program DAPM Sakura berpengaruh signifikan terhadap tingkat pendapatan masyarakat di Kecamatan Minas, yaitu jika variabel independen (X) ditambah 1 satuan maka akan diikuti dengan kenaikan variabel dependen (Y) sebesar 0,395. Pembuktian lain dari hasil uji T nilai t hitung (3,202) > ttabel (2,024) nilai signifikan sebesar 0,003 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan antara variabel program DAPM Sakura terhadap tingkat pendapatan masyarakat. Adapun tinjauan ekonomi Islam mengenai program DAPM Sakura telah sesuai dengan prinsip syariah. Dimana dalam pemberian pinjaman dana tidak ada mengandung unsur riba dan saling menguntungkan satu sama lain dan tidak ada pihak yang dirugikan. Kata Kunci: DAPM Sakura, Pemberdayaan Masyarakat, Pendapatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 05 Dec 2022 01:47
Last Modified: 05 Dec 2022 01:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64417

Actions (login required)

View Item View Item